IBL

Ada kalanya seorang pemain yang sudah fokus pada pertandingan, akan lupa dengan hal-hal yang terjadi di sekelilingnya. Termasuk tidak menyadari bahwa dia sudah mencetak rekor. Seperti yang dialami oleh dua pemain Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo dan Jrue Holiday. 

Bucks sukses mengalahkan LA Clippers 119-106, di Crypto.com Arena, pada hari Sabtu, 11 Februari 2023. Ini menjadi kemenangan ke-10 berturut-turut untuk Bucks. Giannis mencetak 35 poin, 8 rebound, dan 6 asis. Setelah pertandingan, Giannis bahkan tidak menyadari dia mencetak rekor, sebelum menerima pertanyaan dari wartawan. 

Giannis ternyata sudah mencetak 373 poin selama 10 kemenangan beruntun. Ini menjadi poin terbanyak kedua dalam sejarah NBA dengan rekor pertandingan 10-0. Giannis berdiri di belakang Wilt Chamberlain yang mencetak 416 poin dalam 10 laga yang dimenangkan timnya secara beruntun. 

"Benarkah? rekor apa? Saya bahkan tidak tahu ada rekor semacam ini," kata Giannis. 

Namun ketika wartawan menanyakan soal motivasi bermain, Giannis sangat antusias dalam memberikan jawaban. Dia kini menjadi salah satu pemain luar negeri (luar Amerika Serikat), yang punya pengaruh besar di NBA. Ternyata Giannis juga sempat merasa canggung bersaing di liga tersebut. 

"Saya menjalani awal yang sulit, kurang lebih selama 10 tahun. Karena dulu, pemain yang menginspirasi saya adalah Dirk Nowitzki. Tetapi kini jauh lebih banyak lagi pemain luar yang sukses di NBA, seperti Luka Doncic, Nikola Jokic, Joel Embiid, Pascal Siakam, Rudy Gobert, dan masih banyak lagi," ujarnya. "Kami harus menetapkan jalan untuk generasi berikutnya, untuk orang-orang luar negeri (luar Amerika Serikat), agar mereka yakin bisa bersaing di NBA, seperti kami."

Berbeda dengan Giannis, yang tidak sadar sudah mencetak rekor, justru Jrue Holiday sama sekali tidak mengetahui kalau timnya sudah menang 10 pertandingan beruntun. Dia baru sadar dengan kemenangan beruntun tersebut, setelah diingatkan oleh salah saru rekannya saat duduk di bangku cadangan. 

"Ada satu titik di mana segalanya sesuatunya berulang, tanpa kita sadari. Seperti kemenangan ini. Saya tidak pernah menghitung jumlahnya, karena saya selalu merasa bahwa pertandingan sebelumnya kurang, dan harus lebih baik di pertandingan selanjutnya. Dengan begitu, saya tidak peduli hasil pertandingan sebelumnya menang atau kalah. Pastinya saya berjuang untuk menang di pertandingan yang saya jalani," kata Holiday, dikutip dari SportMax

Pelatih Mike Budenholzer senang dengan pencapaian timnya. Memang belum masuk tujuan utama, namun setidaknya 10 kemenangan ini bisa dijadikan modal berharga menghadapi putaran kedua. Kini para pemain dan pelatih Bucks akan beristirahat, karena NBA akan jeda sejenak untuk All-Star. Budenholzer berharap para pemain memukan tempat yang tepat untuk beristirahat, atau mencari fasilitas kesehatan untuk menyembuhkan cedera mereka. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar