IBL

Banyak hal mengejutkan sebelum bursa transfer ditutup. Termasuk perpindahan Kevin Durant ke Phoenix Suns pada dini hari waktu setempat. Setelah Kyrie Irving menyebrang ke Dallas Mavericks, KD menginginkan pertukaran.

“Setelah Nets menukar Kyrie Irving ke Dallas Mavericks pada Minggu (5/2), Durant terlibat pembicaraan dengan pemilik Nets, Joe Tsai dan manajer umum Sean Marks tentang arah waralaba dalam kesempatannya bersaing di liga,” tulis laporan ESPN pada Selasa (7/2) lalu.

Keinginan KD itu langsung disambut oleh pemilik baru Suns, Mat Ishbia. Sebagai gantinya Suns mengirimkan Mikal Brides, Cam Johnson, Jae Crowder, dan empat draft pick putaran pertama.

Menurut laporan media-media Amerika Serikat, sebenarnya Nets bersikeras untuk mempertahankan KD dan tidak berniat melakukan transaksi sebelum akhir musim. Tetapi Ishbia menangani langsung dalam proses ini dan sukses membuat kesepakatan besar.

Selain itu, Nets juga gagal meyakinkan KD untuk bertahan sampai akhir musim. Pada awal musim 2022-23 lalu, KD sempat menginginkan pertukaran. Ia mengajukan pilihan memecat Steve Nash atau ia yang pergi. Pada akhirnya KD memilih bertahan dan Nets melakukan perombakan.

Dengan pertukaran itu, Nets sudah kehilangan big three yaitu James Harden, KD, dan Irving. Harden sendiri menyebrang ke Philadelphia 76ers pada Februari 2022 lalu setelah ditukar dengan Ben Simmons.

Banyak sekali cobaan yang menerpa Nets saat mereka berusaha membangun tim yang solid. Mereka mengawali musim dengan hal yang kurang menguntungkan. Nets sempat mengalami rekor 2-6 sebelum Irving diskors perkara kasus anti semit.

Kemudian Nets memecat Steve Nash. Sebelum menunjuk Jacque Vaughn sebagai pelatih baru, Nets sempat dikaitkan dengan pelatih Boston Celtics yang sedang diskors, Ime Udoka. Setelah ditangani oleh Vaughn dan Irving kembali dari skorsing, Nets lebih stabil. Mereka sempat menduduki posisi tiga teratas klasemen sementara Wilayah Timur.

Saat ini KD masih absen karena cedera MCL. Pemain berusia 34 tahun itu dipastikan melewatkan All-Star Game pada 19 Februari mendatang. Dalam pemilih All-Star musim ini, Nets mengirimkan KD dan Irving. Tapi kini dua-duanya tidak di Brooklyn lagi. (rag)

Foto: ESPN

Komentar