IBL

Sejak Nike memutuskan hubungan dengan Kyrie Irving pada bulan Desember 2022, bintang Brooklyn Nets tersebut lebih bebas berekspresi. Dia sering memakai model-model sepatu lamanya dalam pertandingan. Bahkan menulis pesan-pesan mendalam yang selama ini jarang dilakukan selama berada di bawah kontrak Nike. 

Pemain berusia 30 tahun mengenakan model lama dari sepatu khasnya, dengan selotip hitam, dan pesan yang ditulis tangan untuk menyembunyikan logo Swoosh. Sepatu yang dipakai Irving juga beragam. Mulai dari sepatu yang tersedia di pasaran, sampai jalur warna langka, seperti yang dipakai pada pertandingan melawan Detroit Pistons, 26 Januari 2023, waktu Amerika Serikat. Irving memakai Nike Kyrie 3 dengan jalur warna "Mamba Mentality" yang belum pernah dirilis. 

Foto: Sports Illustrated

Sepatu ini berwarna merah dan hitam, dibuat pada tahun 2017, untuk menghormati Kobe Bryant. Terlihat dari lidah sepatu yang bergambar separuh logo Irving, dan separuh logo Nike Kobe. Dengan memakai sepatu tersebut, Irving mencetak 40 poin. Sayangnya, Nets kalah 122-130 atas Pistons. Namun Irving punya alasan kuat untuk memakainya, karena bertepatan dengan hari meninggalnya Kobe Bryant. 

Namun yang jadi sorotan adalah pesan tulisan tangan yang makin menarik. Awalnya, tulisan ini hanya dipakai Irving untuk menggambarkan perasaannya ketika merasa bebas dari ikatan produk. Dia menuliskan pesan-pesan tentang kemerdekaan untuk memilih sesuka hatinya. Namun lambat laun pesan ini berubah. Dia mulai menulis untuk sesorang, leluhurnya, dan menyerukan kebebasan untuk orang yang tertindas.

Beberapa yang menjadi sorotan media adalah tulisan "Afrakan Liberation", "Moorish Revolution", kemudian "Black/Moorish Revolution". Lalu di sepatu yang dipakai saat mencetak 40 poin, Irving menuliskan pesan "Black Revolution". Irving mengubah sepatunya jadi alat untuk mengekspresikan diri, dan berjuang untuk keadilan sosial. 

Foto: Sports Illustrated

Sampai kapan Irving akan melakukan hal ini? Yang jelas, sampai dia mendapatkan kontrak sponsor yang baru. Karena sampai sekarang belum ada kabar soal merek sepatu yang mendekatinya. (*)

Foto: USA Today

Komentar