IBL

Sangat jarang melihat seorang Stephen Curry diusir dari pertandingan. Tetapi hal itu terjadi saat pertandingan Golden State Warriors vs Memphis Grizzlies pada Kamis WIB di Chase Center, San Francisco. Itu adalah ketiga kalinya Curry dikeluarkan dari pertandingan sepanjang kariernya.

Momen itu terjadi di 1:14 kuarter keempat saat kedudukan 114-116 untuk keunggulan Warriors. Curry melempar pelindung mulut (mouthpiece) karena frustasi melihat Jordan Poole gagal melakukan tembakan tripoin. Wasit langsung mengeluarkan Curry dari pertandingan.

Dari ketiga ejection yang dialami Curry itu, semua memiliki alasan serupa: melempar mouthpiece. Pertama saat melawan Cleveland Cavaliers di Final NBA 2016. Kemudian yang kedua terjadi juga saat melawan Grizzlies pada 2017 lalu.

“Tidak ada alasan dia (Curry harus dikeluarkan di tiga menit terakhir pertandingan. Dia adalah salah satu pemain terhebat sepanjang masa,” kata Poole yang mengomentari hal itu usai pertandingan. Selain Poole, para penggemar juga kompak melakukan dan mendorong wasit merevisi aturannya.

Dalam Section V Rule No. 12: Fouls dan Penalties disebutkan “Mengutuk atau menghujat seorang petugas pertandingan tidak boleh dianggap sebagai satu-satunya penyebab terjadinya technical foul. Melakukan protes, kritik terus menerus atau keluhan mungkin cukup menjadi alasan untuk penilaian teknis. Pelanggaran yang berlebihan akan mengakibatkan pengusiran dari pertandingan.”

Sementara itu Curry tidak berpikir tindakannya akan menyebabkan pengusiran dan tidak seperti enam tahun lalu yang situasinya lebih jelas. “Saya melemparnya dengan cukup keras. Tetapi saya tidak berpikir itu akan masuk ke tribun atau membahayakan siapapun,” kata peraih dua kali MVP itu.

Dilansir melalui laman Marca, para ofisial menafsirkan bahwa Curry melemparkan pelindung mulutnya ke arah mereka. Padahal pada kenyataannya aksi itu dilakukan sebagai respon atas kegagalan Poole melakukan tripoin.

Untungnya Poole berhasil menebus kegagalannya itu dengan melakukan layup yang membawa Warriors unggul 122-120 atas Grizzlies. Usai pertandingan, Poole juga melakukan lelucon dengan melempar mouthpiece-nya ke Curry dan keduanya pun saling berpelukan untuk merayakan kemenangan. (rag)

Foto: NBA

Komentar