IBL

Kabar buruk untuk fan Memphis Grizzlies. Sebab, Steven Adams akan absen selama lebih dari satu bulan karena cedera Posterior Cruciate Ligament (PCL) di lutut kanannya. Cedera ini jelas bakal berpengaruh pada performa Grizzlies yang menurun dalam beberapa laga terakhir. 

Adams sebenarnya sudah tidak bermain saat Grizzlies dihajar Sacramento Kings, Selasa, 24 Januari 2023, waktu Indonesia. Tapi saat itu, tim masih menyebutkan kalau dirinya mengalami nyeri lutut. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, akhirnya pada hari Rabu, 25 Januari 2023, tim mengumumkan bahwa pemain 29 tahun tersebut mengalami cedera PCL. Dikutip dari laporan Jason Owens (Yahoo!Sports), Adams akan absen selama tiga sampai lima minggu ke depan. 

Adams berperan besar dalam kesuksesan Grizzlies musim ini. Mereka bisa kompetitif, dan berada di urutan kedua klasemen Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 31-16. Tetapi dalam tiga laga terakhir, Grizzlies mengalami penurunan. Termasuk kekalahan dari Sacramento Kings, yang jadi penampilan Grizzlies tanpa Adams, sejak cedera PCL. Adams sampai hari ini mencetak rata-rata 8,6 poin, 11,5 rebound, 2,3 asis, dan 1,1 blok dalam 42 pertandingan sebagai starter.

Absennya Adams bakal berpengaruh besar pada performa Grizzlies. Mereka memang punya Jaren Jackson Jr., yang mampu mencetak 16,2 poin, 6,6 rebound, dan 3,3 blok. Tapi tugas Jackson adalah menyerang, sebaliknya Adams fokus dalam pertahanan. Mendorong Jackson untuk mengisi posisi Adams, sama dengan mengurangi produktifitas poin Grizzlies. Tapi mereka tidak punya pilihan lain. Karena tidak satu pun pemain di Grizzlies yang catatan rebound per pertandingannya mendekati Adams. 

Dengan kata lain, Grizzlies akan memainkan strategi small-ball selama Adams absen. Mereka punya Brandon Clarke dan Santi Aldama, yang akan bergantian dengan Jaren Jackson Jr. menambal lubang yang ditinggalkan Adams. Sementara dari sisi serangan, tentu saja beban Ja Morant untuk mencetak poin jauh lebih berat dari sebelumnya. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar