IBL

Bertanding di kota asal merupakan mimpi bagi setiap pemain NBA. Namun seorang Killian Hayes punya mimpi yang lebih besar. Sebelum NBA Paris Game 2023, pemain Detroit Pistons tersebut bilang kalau dirinya ingin masuk timnas Prancis. Mendengar mimpi dari anak asuhnya, kepala pelatih Piston Dwane Casey berjanji akan membantu Hayes mendapatkan apa yang dia inginkan. 

Detroit Pistons kalah 108-126 atas Chicago Bulls, pada hari Jumat, 22 Januari 2023, waktu Indonesia. Pertandingan tersebut digelar di Paris, Prancis, yang merupakan kota asal dari garda utama Pistons, Killian Hayes. Ternyata Hayes adalah satu-satunya pemain asal Prancis yang bertanding dalam laga tersebut. 

Hayes sendiri menyimpan mimpi yang besar untuk masa depannya. Hayes mengaku ingin bermain bersama timnas Prancis di FIBA ​​World Cup 2023 dan Olimpiade Paris tahun 2024. "Saya merasa siap dan ingin menjadi bagian dari timnas Prancis," kata Hayes kepada L'Equipe

"Tentu saja untuk sampai ke sana tidak mudah. Saya harus berjuang. Saya sering berdiskusi dengan Nicolas Batum. Pemain senior Prancis, yang kebetulan kami juga bermain di NBA. Saya ingin tahu apa saja rencana timnas Prancis untuk ke depan. Saya ingin mencoba mendapatkan satu tempat di tim tersebut."

Mendengar mimpi anak asuhnya, kepala pelatih Pistons Dwane Casey mendukung keinginan pemainnya dan ingin membantunya. "Saya ingin membantu Killian Hayes sampai ke Olimpiade," katanya melalui BeBasket . "Killian telah berkembang pesat dalam tiga tahun terakhir. Saya merasa dia berkembang menjadi garda utama NBA yang hebat. Dan, dia akan terus tumbuh. Kami bangga memilikinya di Detroit dan membantunya dalam proses perkembangannya." 

Foto: fiba.basketball

Killian Hayes sebelumnya bermain untuk timnas Prancis U16 dan U17, memenangkan medali emas dan penghargaan MVP di FIBA European Championshop ​​U16 2017, serta medali perak FIBA World Cup ​​U17 2018. Namun Hayes belum pernah masuk timnas senior. Hayes masuk NBA setelah terpilih sebagai pemain urutan ke-7 secara keseluruhan dalam draf NBA 2020. Sekarang dia memainkan musim terbaiknya dengan catatan rata-rata 10,0 poin, 2,8 rebound, dan 5,7 asis dalam 44 pertandingan. (*)

Foto: MLive.com

Komentar