IBL

Tak dipungkiri kalau NBA merupakan liga yang menarik karena bintangnya. Karena itu, ketika salah satu bintangnya mengalami masalah, maka liga juga ikut khawatir. Kali ini berita mengejutkan datang dari megabintang Brooklyn Nets Kevin Durant yang akan absen satu bulan karena cedera MCL. Bukan hanya Nets yang khawatir, namun NBA juga ikut resah karena Durant mendapatkan suara terbanyak pada pemungutan suara NBA All-Star Wilayah Timur. Kalau absen sebulan, bisa-bisa Durant tidak tampil di All-Star lagi. 

Seperti dilansir Adrian Wojnarowski dari ESPN pada Selasa, 10 Januari 2023, Kevin Durant diperkirakan akan absen selama sebulan karena cedera MCL. Pihak Nets mengumumkan bahwa Durant telah didiagnosis dengan "isolate MCL sprain" di lutut kanannya, dan mengungkapkan bahwa ia akan dievaluasi ulang pada kondisinya dalam dua minggu. Namun, Wojnarowski melaporkan bahwa sumbernya memperkirakan Durant akan absen selama sekitar satu bulan.

Kalau kita melihat kembali musim lalu, di mana Nets juga pernah kehilangan Durant karena cedera dalam waktu yang lama. Pada saat itu, Nets kalah 11 pertandingan berturut-turut, turun dari peringkat 1 menjadi peringkat 10 di klasemen. Setelah itu, kekacauan terjadi di Nets sampai-sampi James Harden akhirnya dikirim ke Philadelphia 76ers. Pengalaman seperti ini memang menakutkan, tapi menurut Wojnarowski, cedera yang dialami Durant kali ini tidak separah musim lalu. 

Seperti yang diberitakan mainbasket.com Durant cedera saat Brooklyn Nets menang atas Miami Heat, 102-101, di FTX Arena, Senin, 9 Januari 2022, waktu Indonesia. Pada laga tersebut, beberapa kali Durant terjatuh yang membuat lututnya kesakitan. Pertama saat menit ketujuh kuarter ketiga, Durant bertabrakan dengan Kyle Lowry saat posisi menyerang. Kemudian menjelang akhir kuarter ketiga, Durant tertimpa Jimmy Butler dalam posisi bertahan. Video-video insiden yang melibatkan Durant muncul di media sosial. 

Kerugian besar kemungkinan dirasakan oleh NBA. Mengingat Durant berpeluang kembali absen dalam All-Star, meski namanya ada di daftar teratas pilihan penggemar. Pada NBA All-Star 2022, Durant juga absen karena cedera MCL. Namun statusnya tetap sebagai kapten tim Wilayah Timur. Kalau ini sampai terulang lagi, maka NBA All-Star 2023 di Utah tidak akan menarik lagi bagi sebagian penggemar. Khususnya mereka yang telah memilih Durant di peringkat teratas. Karena para penggemar tentu ingin menyaksikan persaingan dua kapten terbaik di NBA, yaitu Durant dan LeBron James. (*)

Foto: New York Post

Komentar