IBL

Kemenangan Brooklyn Nets atas Miami Heat 102-101 pada Minggu (8/1) waktu setempat di FTX Arena harus dibayar mahal. Nets kehilangan Kevin Durant (KD) yang keluar pertandingan lebih awal. KD mengalami cedera lutut di sisa waktu 36,6 detik di kuarter ketiga.

Dalam gim tersebut, beberapa kali KD terjatuh yang membuat lututnya kesakitan. Pertama saat menit ketujuh kuarter ketiga, KD bertabrakan dengan Kyle Lowry saat posisi menyerang. Kemudian menjelang akhir kuarter ketiga, KD tertimpa Jimmy Butler dalam posisi bertahan. KD terjatuh sambil memegangi lutut kanannya. Setelah itu KD ditarik keluar.

KD akan menjalani pemeriksaan MRI pada Senin (9/1) waktu setempat. “Lutut kanan, kondisinya akan dievaluasi besok dan mudah-mudahan saya akan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kemungkinan juga dengan hasil pemeriksaan untuk memastikan kondisinya baik-baik saja,” ujar Jacque Vaughn, pelatih Nets.

Kondisi ini membuat Nets harap-harap cemas. Momentum Nets saat ini sedang bagus. Mereka berharap KD tidak cedera serius agar tidak kehilangan momentum tersebut. Nets telah memenangkan 18 dari 20 gim terakhirnya. Saat ini mereka berada di posisi kedua klasemen Wilayah Timur 27-13 dan berjarak satu kemenangan dengan Boston Celtics.

Ini bukan pertama kalinya KD mengalami masalah pada lutut. Ia sempat mengalami cedera lutut atau medial collateral ligament (MCL)pada saat melawan New Orleans Pelicans pada 15 Januari 2022. Setelah itu KD menjalani 1,5 bulan untuk pemulihan. Selama KD absen, Nets memiliki rekor menang kalah 5-17 termasuk 11 kekalahan beruntun.

KD juga pernah absen lebih dari sebulan pada 2017 juga karena cedera MCL dan memar tulang tibia. Saat itu KD yang masih memperkuat Golden State Warriors tertimpa rekannya, Zaza Pachulia.

Pada musim ini, KD membawa Nets melonjak dengan capaian rata-rata 30 poin, 6,8 rebound, dan 5,4 asis. Pertandingan Nets berikutnya melawan Boston Celtics pada Kamis (12/1) di Barclays Center, New York.

“Saya berada di sana dan itu terlihat menakutkan. Karena ketika seseorang tidak memperhatikan apa yang sedang terjadi, apapun bisa terjadi saat seperti itu. Saya lega dia (KD) berlatih angkat beban dengan baik, menempatkan tubuhnya dalam posisi yang bagus, dan mampu menyelamatkannya dari sesuatu yang lebih buruk,” kata Irving. (rag)

Foto: NBA

Komentar