IBL

Masa depan Jordan Clarkson (Utah Jazz) dan Myles Turner (Indiana Pacers) belum diketahui. Keduanya dilaporkan menolak perpanjangan kontrak dari masing-masing klub. Kini Jazz dan Pacers masih berupaya untuk mengamankan kedua asetnya tersebut hingga batas waktu perdagangan pada 9 Februari mendatang.

“Myles Turner, sampai, saat ini telah menolak perpanjangan kontrak Indiana. Untuk Jordan Clarkson di Utah, di mana sumber mengatakan Jazz memasuki musim dengan harapan mendapatkan kontrak jangka panjang baru dengan Clarkson sebelum ia menjadi agen bebas musim ini,” tulis Marc Stein, sumber internal NBA.

“Ada tim di luar sana yang berharap Turner atau Clarkson (atau keduanya) akan meminta pertukaran sebelum batas waktu. Saya tidak melihat Jazz akan menukar Clarkson. Situasi Turner sulit diprediksi,” lanjutnya.

Penolakan perpanjangan kontrak itu membuat beberapa indikasi. Clarkson memiliki opsi pemain untuk musim depan dan secara teknis pemain berdarah Amerika-Filipina itu dapat menggunakannya.

Tetapi Clarkson tampaknya ingin melihat peluang menjadi agen bebas. Jika itu masalahnya, Jazz harus mengambil beberapa keputusan. Mereka menawarkan jumlah yang akan diterima Clarkson atau melakukan pertukaran.

Stein menulis jika Jazz tidak akan menukar Clarkson. Tetapi situasi bisa saja berubah. Keduanya tidak mencapai kata sepakat atau ada tawaran menggiurkan dari tim lain yang tidak bisa ditolak oleh Jazz.

Setelah Jazz menukar Donovan Mitchell dan Rudy Gobert, mesin poin Jazz kini berada di tangan Clarkson. Ia menjadi pencetak poin kedua terbanyak Jazz musim ini dengan rata-rata 20,6 poin per gim. Menukar Clarkson akan menenggelamkan peluang Jazz di playoff.

Sementara kontrak Turner secara resmi berakhir pada akhir musim. Mengingat situasi kontraknya tidak pasti, banyak rumor pertukaran mengenai Turner selama beberapa tahun terakhir.

Turner dikabarkan akan ditukar saat Pacers gagal mencapai playoff dalam dua musim terakhir. Tetapi situasi menjadi rumit ini setelah performa Pacers naik. Mereka memiliki rekor 23-18 dan berada di posisi keenam klasemen sementara Wilayah Timur.

Turner berperan besar dalam capaian itu. Ia memiliki rata-rata 16,7 poin, 7,9 rebound, 2,2 blok, dan 1,15 asis per gim. Turner memiliki akurasi terbaiknya 54,9 persen dan tripoin 38,0 persen. (rag)

Foto: Basket USA, Bleacher Reports

Komentar