IBL

Denver Nuggets menang 123-111 atas Boston Celtics, di Ball Arena, Senin, 2 Januari 2022 waktu Indonesia. Mungkin kalau dilihat dari catatan statistik, pertandingan ini dimenangkan oleh Nuggets karena Nikola Jokic bisa mencetak tripel-dobel dengan torehan 30 poin, 12 rebound, dan 12 asis. Namun ternyata ada faktor non-teknis yang diyakini merusak momentum Celtics. Kejadian tersebut adalah ring yang miring akibat slamdunk Robert Williams III. Butuh 35 menit untuk memperbaikinya, sehingga momentum Celtics hilang. 

Jaylen Brown, salah satu bintang Celtics yang panas di laga tersebut mencetak 30 poin. Seusai pertandingan, dirinya mengatakan bahwa kejadian tersebut sangat tidak masuk akal. "Kami mencoba untuk menang. Tapi Denver bermain bagus sepanjang pertandingan. Jujur, ini salah satu pertandingan paling aneh yang pernah saya ikuti sepanjang karir saya," katanya, dikutip dari CNN.com. 

Sementara itu, pelatih Nuggets, Michael Malone melihat bahwa peristiwa ring yang miring bisa jadi membantu timnya menang. Sebab, butuh waktu 35 menit untuk memperbaikinya. Sedangkan Nuggets tidak bisa disalahkan, karena keterlambatan pertandingan ini disebabkan oleh pemain Celtics. Kejadian tersebut malah merusak momentum timnya sendiri. 

"Ada lelucon di peristiwa tersebut. Ternyata butuh banyak orang yang diperlukan untuk memperbaiki ring di pertandingan NBA," jelasnya. 

Kejadian ring miring tersebut diawali dari tim tamu yang sedang tampil bagus. Dalam sebuah situasi serangan, Robert Williams III berhasil menembus pertahanan dan tepat berdiri di bawah ring Nuggets. Ketika mendapatkan bola, dia melakukan slamdunk. Karena terlalu kuat, ring tempatnya bergelantungan ternyata miring. Waktu tersisa 6 menit 43 detik, dan pertandingan dihentikan sementara waktu untuk melakukan perbaikan ring. 

Pada mulanya, satu teknisi dianggap cukup untuk melakukan perbaikan. Tetapi dia gagal menaikkan ring, untuk membuatnya jadi rata. Akhirnya beberapa orang dikerahkan untuk melakukan pekerjaan ini. Di sisi lain, petugas semakin gugup ketika 20 ribu penggemar gelisah, dan para pemain sudah berlari di lapangan untuk menjaga tubuh agar tetap panas. Akhirnya setelah 35 menit bekerja, ring bisa dipakai dan pertandingan dilanjutkan kembali. 

"Mereka menghabiskan banyak waktu untuk memperbaikinya. Tetapi ketika kami bermain lagi, ring masih terlihat tidak rata. Menurut saya, kami hanya membuang-buang waktu," kata Jaylen Brown, yang merasa ring yang diperbaiki masih miring ke kiri. 

Uniknya, justru Robert Williams III, tidak menyadari apa yang dia perbuat sampai pertandingan dihentikan sementara waktu. Dia bertanya kepada salah satu rekannya, dan dijawab bahwa ada kerusakan ring akibat slamdunk yang dilakukan oleh Williams. 

"Saya tidak tahu kerusakan ini karena saya. Sampai rekan tim saya menyalahkan perbuatan saya. Jujur, saya tidak tahu," kata Williams, kepada ESPN.

Foto: ESPN

Celtics jelas dirugikan karena kalah dari Nuggets. Mereka tampaknya kurang puas dengan kinerja petugas lapangan, yang kurang cekatan dalam melakukan perbaikan. Namun apalah artinya mengeluh, kalau mereka kalah. Celtics masih ada di puncak klasemen Wilayah Timur dengan rekor pertandingan 26-11. (*)

Foto: CNN.com

Komentar