IBL

Joel Embiid memimpin Philadelphia 76ers menang atas Boston Celtics pada hari Selasa (9/5) waktu Amerika Serikat. Embiid mencetak 33 poin dalam kemenangan tandang dengan skor, 115-103. Sementara di sisi lain, Nikola Jokic membuat tripel-dobel bersejarah ketika membawa Denver Nuggets menang 118-102 atas Phoenix Suns di gim kelima. Kini Sixers dan Nuggets tinggal selangkah lagi sampai ke Final Wilayah masing-masing, karena mereka unggul 3-2.

Embiid memberikan penampilan luar biasa, yang semakin menegaskan bahwa dirinya adalah MVP liga musim ini. Sixers mendominasi sejak awal kuarter pertama untuk membuat penonton tuan rumah di TD Garden terdiam. Hasil tersebut memberi unggulan ketiga Sixers keunggulan seri 3-2, yang berarti mereka dapat melaju ke final konferensi dengan kemenangan di gim keenam di lapangan kandang di Philadelphia pada Kamis.

Embiid memimpin perolehan poin, di mana dia menorehkan 30+ poin, dalam kinerja ofensif Sixers yang luar biasa. Lima pemain Sixers pada pertandingan kali ini menyumbang poin digit ganda. Tyrese Maxey menyiksa Celtics dengan 30 poin, termasuk enam tripoin. Sementara James Harden menjadi duri dalam pertahanan Celtics, dengan 17 poin, 10 asis, dan 8 rebound. 

"Saya pikir Joel melakukan pekerjaan yang bagus ketika dia bisa membuat keputusan, di mana harus menembak, atau masuk ke area kunci. Embiid kali ini juga bisa menjadi fasilitator bagi rekan-rekannya," ungkap pelatih Sixers Doc Rivers, dikutip dari CBS Sports.

Sementara pada semifinal wilayah barat, Nikola Jokic membuat tripel-dobel bersajarah untuk memimpin Denver Nuggets meraih kemenangan 118-102 atas Phoenix Suns. Kemenangan tersebut berarti Nuggets mendapatkan kembali keunggulan dalam seri best-of-seven, dengan Nuggets kini memimpin 3-2 dan hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke babak berikutnya.

MVP NBA dua kali itu menyelesaikan laga dengan 29 poin, 13 rebound, dan 12 asis untuk mengantongi catatan tripel-dobel playoff ke-10 dalam kariernya. ESPN mencatat bahwa Jokic sekarang punya tripel-dobel playoff terbanyak oleh seorang center. Pemain Serbia ini melewati rekor Hall of Famer NBA Wilt Chamberlain. Namun Jokic lebih memilih untuk fokus pada kemenangan, bukan pencapaian pribadinya. 

"Sejujurnya, saya hanya ingin memenangkan pertandingan, jadi apa pun yang diperlukan untuk menang akan saya lakukan," kata pemain yang punya rata-rata 35 poin, 14 rebound, dan 10 asis dalam semifinal wilayah barat melawan Suns. 

Gim 5 hanya berselang dua hari setelah Jokic menerima sanksi dari NBA atas perbuatannya yang mendorong pemilik Suns Mat Ishbia di Phoenix. Namun keduanya sudah tidak mempermasalah hal ini lagi. (*)

Foto: Sportskeeda

Komentar