IBL

American Airlines Center "pecah" saat Dallas Mavericks mengalahkan New York Knicks 126-121 lewat babak tambahan waktu (overtime), Selasa (27/12), waktu setempat.

Riuhnya American Airlines Center tak lepas dari heroiknya aksi Mavericks dalam mengejar ketinggalan mereka. Tim asuhan Jason Kidd ini masih tertinggal 9 poin di sisa 33 detik kuarter empat. 

Setelah memangkas jarak jadi dua poin di sisa empat detik, Mavericks memasukkan JaVale McGee untuk membantu rebound. Ini adalah kali pertama McGee tampil di gim ini. Meski tak langsung menghasilkan rebound, kehadiran McGee membuat Knicks kesulitan fokus mencari rebound. 

Bola ditepis oleh Christian Wood dan jatuh ke tangan Luka Doncic yang entah bagaimana berhasil memasukkan bola dan memaksa kedudukan imbang. Di overtime, Knicks terlalu banyak meleset dari tembakan gratis dan membuat Mavericks melenggang dengan kemenangan. 

Luka tampil sangat-sangat gila hari ini. Selama 47 menit bermain, Luka mencetak tripel-dobel 60 poin, 21 rebound, dan 10 asis dari 21/31 tembakan (68 persen). Dalam sejarah NBA, ini adalah kali pertama pemain mencetak tripel-dobel dengan angka sedemikian rupa. 

Sebelumnya, hanya ada dua nama legenda NBA, Wilt Chamberlain dan Oscar Robertson yang pernah mencetak tripel-dobel dengan setidaknya 50 poin dan 20 rebound. Namun, untuk 60 poin, Luka adalah satu-satunya yang memiliki catatan ini. 

Catatan poin dan rebound di gim ini juga jadi yang tertinggi sepanjang karier Luka. Ia pun memecahkan rekor poin terbanyak dalam satu gim di sejarah Mavericks yang sebelumnya dipegang Dirk Nowitzki dengan 53 poin. 

Luka mendapatkan bantuan besar dari duet Spencer Dinwiddie dan Christian Wood. Dinwiddie mencetak 25 poin, 6 rebound, dan 5 asis sedangkan Wood nyaris dobel-dobel dengan 19 poin, 9 rebound, serta 3 blok. 

Blok terakhir Wood terjadi di overtime yang cukup untuk memupuskan harapan Knicks. Tim Hardaway Jr. melengkapi daftar Mavericks dengan 11 poin dan 5 rebound. 

Mavericks menang empat gim beruntun dan mengakhiri kemenangan tandang beruntun Knicks. Sebelumnya, Knicks adalah tim dengan rekor kemenangan tandang beruntun terbaik di liga dengan enam kemenangan. Ini juga jadi kekalahan keempat beruntun Knicks. 

Knicks sendiri tampil tanpa Jalen Brunson karena masalah di panggulnya. R.J. Barrett juga hanya bermain dua menit karena menderita cedera di jarinya. 

Tanpa kedua pemain ini, Julius Randle mengambil banyak beban permainan. Randle dobel-dobel 29 poin, 18 rebound, dan 4 asis. Randle memasukkan 5/11 tripoin atau setara dengan 45 persen. 

Quentin Grimes jadi top skor Knicks dengan 33 poin, 6 rebound, dan 4 asis. Ini adalah catatan poin tertinggi Grimes sepanjang kariernya. Mitchell Robinson juga dobel-dobel 20 poin dan 16 rebound. Dobel-dobel terakhir dibukukan oleh Immanuel Quickley yang mengisi posisi starter Brunson dengan 13 poin dan 15 asis. 

Mavericks masih tertahan di peringkat tujuh klasemen sementara Wilayah Barat. Persaingan Wilayah Barat yang cukup ketat membuat catatan (19-16) masih membuat mereka duduk di peringkat tersebut. Untuk Knicks, rekor mereka sekarang adalah (18-17) dan duduk di peringkat enam klasemen sementara Wilayah Timur. 

Kedua tim akan kembali bermain lusa. Mavericks masih bertahan di kandang untuk melawan Houston Rockets. Knicks akan coba memutus rangkaian buruk mereka di kandang San Antonio Spurs. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar