IBL

Memphis Grizzlies memainkan pertandingan Hari Natal di Chase Center, menghadapi tuan rumah Golden State Warriors, Senin, 26 Desember 2022, waktu Indonesia. Pertandingan ini terasa istimewa bagi Ja Morant. Karena untuk pertama kalinya dia memakai Nike Ja 1, yang merupakan sepatu khas (signature shoes) miliknya. Sepatu ini akan tersedia di pasaran pada bulan April 2023. 

Nike telah resmi memberikan sepatu khas untuk bintang Grizzlies, Ja Morant. Merek perlengkapan olahraga Amerika Serikat ini menyebut Ja sebagai "Nike Basketball's first Gen Z signature athlete". Ja dianggap sebagai pemain revolusioner yang membangun budaya bola basket modern. 

Foto: sneakersnews

Menurut Nike, bantalan rendah Zoom dibuat agar pemain tetap memegang kendali atas gerakannya. Bisa berfungsi untuk meredam kekuatan pendaratan. Untuk pertama, sepatu in dibuat dengan warna khas Grizzlies. Menampilkan bagian atas yang dibuat dengan jaring, namun ada struktur yang memperkuat di bagian tengah. Logo "Swoosh" dibuat dengan gradien melingkar. Sentuhan terakhir ada detail grafis di sepanjang tumit.

"Kami sangat senang menambahkan Morant ke dalam daftar kami dan tidak sabar menunggu semua orang mengetahui lebih lanjut tentang sepatu pertamanya, Nike Ja 1," kata Scott Munson, Wakil Presiden Bola Basket Pria Global Nike. "Kepribadiannya yang otentik, kecintaannya yang mendalam kepada komunitas dan keluarganya, serta kegembiraannya terhadap permainan membuatnya sangat istimewa, baik di dalam dan di luar lapangan."

Ja 1 dilengkapi dengan logo khas Morant, yang terinspirasi oleh presisi dinamis dan pendekatan permainan. Morant sudah debut Ja 1 di lapangan dalam pertandingan Hari Natal melawan Golden State Warriors. Sementara, rilis secara global dijadwalkan berlangsung pada bulan April 2023. 

"Ini sepatu untuk underdog yang memiliki dawg di dalamnya," kata Morant tentang Ja 1, dikutip dari Complex. "Sepatu untuk siapa saja yang pernah diremehkan atau diabaikan, yang diberi tahu bahwa mereka terlalu kecil, atau impian mereka terlalu besar."

Ja Morant merupakan pemain NBA ke-23 yang memiliki sepatu khas dalam sejarah liga. Namun dia bukanlah pemain Grizzlies pertama yang punya sepatu khas. Sebab dalam catatan sejarah klub ada nama Allen Iverson yang punya Reebok Answer 13 di tahun 2009, atau saat bermain untuk Grizzlies. Kemudian ada Hashem Thabeet yang punya sepatu khas dari Li-Ning di tahun 2010. Lalu pada tahun 2011, ada Shane Battier yang punya Peak Battier 6. (*)

Foto: Twitter Nick de Paula

Komentar