IBL

Gordon Hayward sekarang akrab dengan cedera. Seperti sekarang, dia dinyatakan absen dalam waktu yang tidak ditentukan karena cedera bahu retak. Begitu yang dikatakan manajemen Charlotte Hornets. Tetapi istri Gordon, Robyn Hayward mengungkapkan fakta sebaliknya. Robyn menuduh Hornets memberikan keterangan palsu, dan tidak peduli dengan kesehatan pemain. 

Cerita ini diawali dari pengumuman manajemen Hornets sebelum pertandingan melawan Minnesota Timberwolves, Sabtu, 26 November 2022. Hornets memberikan keterangan bahwa Hayward mengalami memar di bahu, dan dugaan retak pada tulang bahu. Indikasinya, cedera tersebut membuatnya absen delapan pertandingan di awal bulan November 2022. Namun Hayward sempat tampil tiga laga, sebelum dinyatakan cederanya kambuh. 

Foto: NBC Sports

Tapi dalam pertandingan terakhirnya, Hayward mengalami kesulitan bergerak. Dia hanya membukukan tujuh poin dengan akurasi tembakan 3 dari 10 percobaan. Terlepas dari situasi yang terjadi di internal tim, ada berita yang mengejutkan. Istri Gordon Hayward, Robyn Hayward mengungkapkan bahwa cedera parah yang dialami suaminya justru disebabkan oleh tim Hornets sendiri. Dia menuduh tim tidak memperhatikan kesehatan pemain. Bahkan cedera Hayward bukan hanya memar atau retak tulang bahu, Robyn mengatakan kalau bahu suaminya patah. 

"Dia (Gordon Hayward) memiliki tulang belikat yang retak, bahwa itu sudah terjadi di pertandingan terakhir. Itu sebabnya, dia sulit menggerakkan lengannya. Semua orang yang mengenal Gordon tahu bahwa dia adalah seorang pemain yang berusaha untuk menang dengan cara yang benar. Jadi dia tidak akan berhenti bermain hanya untuk cedera memar saja," tulisnya dalam stories Instagram Robyn Hayward. 

Ternyata, Robyn tidak berhenti sampai di situ. Dia mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa tim Hornets tetap memainkan Gordon Hayward, meski mereka tahu risiko cedera yang lebih berat bakal dialami suaminya. "Hanya untuk mengklarifikasi, karena tim tidak mengatakan hal yag benar. Suami saya mengalami cedera patah tulang batu. Itu patah tulang. Bukan memar. Saya rasa tim tidak berusaha untuk melindungi pemain," imbuhnya. 

Setelah unggahan di Instagram yang menggemparkan tersebut, Shams Charania dari The Athletic memberikan informasi bahwa Hayward akan absen sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Penyebabnya adalah cedera bahu kiri. Sekarang Hayward sedang mendapatkan perawatan intensif. 

Sejak meninggalkan Utah Jazz pada tahun 2017, Gordon Hayward sangat akrab dengan cedera. Mulai dari tibia yang retak, tangan retak, keseleo pergelangan kaki di Boston Celtics yang membuat semua orang merinding, cedera kaki, sampai gegar otak yang dialami saat membela Hornets. Dalam tiga musim bersama Hornets, Hayward telah bermain 104 pertandingan dengan rata-rata 17,5 poin dengan akurasi tembakan 46,4 persen. Masalahnya sekarang adalah Hayward memegang perpanjangan kontrak senilai 120 juta dolar Amerika dengan durasi empat tahun dari Hornets sejak 2020. Kalau cedera terus menerus melanda, akan menjadi kerugian besar bagi Hornets. (*)

Foto: Charlotte Observer

Komentar