IBL

Mungkin artikel kali ini tidak ada kaitan erat dengan bola basket. Tapi ada irisan yang membuatnya menarik untuk kita ketahui. Terutama bagi sneakershead. Kalau Anda penggemar WWE (World Wrestling Entertainment), pasti melihat beberapa pegulat memakai sneakers. Bukan lagi sepatu boot tinggi atau sepatu gulat dengan sol karet tipis yang menjaga penggunanya tidak terpeleset di matras. Tapi sekarang berubah, dan salah satu legenda WWE bernama Stone Cold Steve Austin menceritakan bagaimana masuknya kultur sneakers ke WWE. 

Steven James Anderson atau yang dikenal dengan nama panggung Stone Cold Steve Austin muncul dalam episode terbaru "Sneaker Shopping" di saluran YouTube COMPLEX, pada 7 November 2022. Acara ini sangat menarik, karena Anda bisa melihat sneaker kesukaan para bintang tamu, melihat mereka berbelanja, sampai menceritakan sejarah-sejarah yang mungkin selama ini tidak terpublikasi. 

Foto: Fanpop

Berbicara soal sejarah, Steve Austin yang pensiun dari WWE pada 2 April 2022, masih sering muncul di acara tersebut. Dia terlihat sering memakai sneaker Nike dan membanting bintang-bintang profesional yang aktif. Memang karakternya yang brutal sangat disukai oleh penonton. Tapi sekarang dia lebih sering muncul sebagai bintang tamu dalam acara khusus saja, seperti Wrestlemania. Dia mengenakan kaus, celana jeans, dan sneakers.

Bagi Anda yang bukan penggemar olahraga ini, mungkin bayangan yang tergambar soal fashion pegulat WWE hanya itu-itu saja. Telanjang dada, memakai celana ketat, dan sepatu boot. Namun semua itu berubah sejak 27 Juni 2002. Saat pertama kali John Felix Anthony Cena Jr., atau yang kita kenal dengan nama panggung John Cena, melakukan debutnya di WWE. 

Foto: The Indian Express

Cena sudah menjadi pegulat profesional sejak tahun 1999. Tetapi dia masuk WWE di tahun 2002. Cena muncul dengan persona yang berbeda kala itu. Di saat semua orang berlomba-lomba untuk menjadi menakutkan seperti Undertaker, Kane, dan pegulat lainnya, justru Cena mengusung budaya hip-hop, sebagai Doctor of Thuganomics. Bercelana pendek jeans, muncul dengan kalung berliontin besar, snapback, dan yang paling mencolok adalah memakai sneakers. Lambat laun, banyak brand-brand sneakers yang mulai melirik budaya yang dibawa oleh Cena. Sejak saat itu, banyak pegulat yang mengikuti gayanya memakai sneakers. 

"Saya pikir budaya memakai sepatu kets (senakers) dalam gulat itu bagus. Meskipun, bagi saya, pria tradisional yang memulai sebagai petarung gaya teknis dan menjadi petarung dengan gaya bertarung lama, sungguh, sepatu olahraga tidak akan cocok dengan gaya saya," jelas Steve Austin. 

Dalam pembicaraan yang tampil di menit keenam tersebut, secara khusus Steve Austin menyebutkan kalau John Cena adalah pembawa kultur sneakers di WWE. Penggemar ternyata lebih menyukai gaya berpakaian Cena, ketimbang berlomba-lomba untuk tampil menyeramkan. Bahkan Cena juga memberikan kesadaran kepada pegulat lainnya, bahwa ada nilai jual lain yang bisa mendatangkan uang. 

"Tentu saja, ketika saya memikirkan sneakers dalam dunia gulat profesional, John Cena adalah yang pertama kali terlintas dalam pikiran. Dan, itu memiliki tempat pertama sejauh ini. Cena tidak hanya mengenakan sneakers, tapi juga barang-barang yang keren di era sekarang. Cena membuat dirinya benar-benar jadi aset, karena mendapatkan dukungan dari banyak merek ternama, termasuk sneakers," jelas Austin. 

"Karena sungguh, dia memakai sepatu kets menjadi hal yang besar dan para penggemar sangat mendukung gayanya. Dia adalah salah satu dari orang-orang yang memiliki karir yang luar biasa dan berdampak positif bagi banyak orang. Selain itu, setelah dia, banyak yang mulai memakai sneakers dalam gulat profesional. Dia benar-benar pembawa perubahan di dunia basket profesiona."

Di era sekarang, budaya sneakers malah masuk lebih dalam lagi di WWE. Salah satu orang yang mengikuti gaya John Cena adalah R-Truth. Gaya berpakaiannya sama persis seperti Cena. Lalu ada Xavier Woods dan Kofi Kingston yang selalu memakai sneaker Nike, karena sudah mendapatkan dukungan dari merek tersebut. 

Tak hanya Nike, Jordan Brand juga sudah masuk WWE, melalui Shane McMahon. Pegulat yang sekaligus salah satu pemilik saham WWE tersebut sudah pernah mendapatkan Air Jordan 1 yang dibuat khusus untuknya. Dari pegulat perempuan, Carmela juga selalu memakai Air Jordan 1 saat bertanding. Kini semakin banyak pegulat yang memakai sneakers, dengan alasan kenyamanan. (*)

Foto: Wrestletalk.com

Komentar