IBL

Prawira Harum Bandung menjadi tim kedua yang memastikan diri tiket perempat final Indonesia Cup 2022. Pada fase lanjutan penyisihan grup pada Minggu (6/11) itu Prawira mengalahkan Bumi Borneo Pontianak 67-56 di GOR Sritex Arena, Solo.

Pada kuarter kedua Bumi Borneo sempat memimpin dengan margin tujuh poin. Titik balik Prawira terjadi setelah Fernando Manangsang menyamakan kedudukan 21-21. Prawira menutup paruh pertama dengan keunggulan 36-25.

Bumi Borneo hanya sempat mengejar hingga selisih empat poin saja. Setelah itu Prawira menang relatif nyaman di kuarter terakhir. Kedua tim sama kuat di paint area. Namun, Bumi Borneo hanya mendapat satu dari empat tembakan gratis.

“Kami seharusnya bisa bermain lebih baik dari ini. Bukan soal statistik. Kami tidak bermain sesuai standar dan level yang kami inginkan dalam tim ini. Kami berharap bisa bermain lebih baik di gim selanjutnya,” kata pelatih Prawira David Singleton.

Abraham Damar Grahita menjadi top skor dengan 27 poin. Ia melepas 10/20 tembakan dengan 4/10 tripoin selama 31 menit. Bram juga membuat tiga steal dan empat rebound. Fernando Manangsang menambah 18 poin dan Reza Guntara sembilan rebound.

Sedangkan hanya Wisnu Saputra yang mencetak dua digit poin untuk Bumi Borneo. Ia menyumbang 19 poin, delapan rebound, dan dua steal. Secara keseluruhan Bumi Borneo meraih 41 persen field goals dari 25/61 tembakan.

“Kalau melihat progress dari pemain ini, ada banyak perubahan yang baik dari gim pertama. Cuma terkendala konsistensi saja. Kuarter ketiga turun, lalu naik lagi, dan turun lagi di akhir kuarter keempat. Itu jadi PR penting bagi kami,” kata asisten pelatih Bumi Borneo Rimbun Sidahuruk.

Bumi Borneo masih memiliki kesempatan untuk lolos. Sebelumnya mereka berhasil unggul dari Tangerang Hawks Basketball pada Jumat (4/11). Bumi Borneo menyisakan satu gim lagi melawan West Bandits Combiphar Solo pada lusa.

Sementara itu Prawira telah memenangkan dua laga beruntun. Abraham Damar Grahita dkk itu telah menumbangkan West Bandits Combiphar Solo 61-57. Pada lusa Prawira menghadapi Tangerang Hawks Basketball. (rag)

Foto: IBL/Hariyanto 

Komentar