IBL

Dewa United Surabaya meraih kemenangan pertama dalam penyisihan grup A Indonesia Cup 2022. Mereka mengalahkan Elang Pacific Caesar Surabaya 81-59 pada Sabtu (5/11) di GOR Sritex Arena, Solo.

Kaleb Ramot Gemilang memimpin Dewa United dengan 15 poin, enam rebound, dan limas asis. Ditambah Ferdian Dwi Purwoko 14 poin, sembilan rebound, dan dua steal. Lalu Jamarr Andre Johnson 11 poin dan sembilan rebound. Disusul Xaverius Prawiro 10 poin.

Perlawanan sengit diberikan Elang Pacific di paruh pertama. Mereka bahkan hanya mencetak enam turnover. Kuarter kedua ditutui dengan keunggulan dua poin untuk Dewa United.

Momentum Dewa United terjadi usai jeda pertandingan. Mereka memanfaatkan kelengahan Elang Pacific yang membuat 16 turnover menjadi 24 poin sepanjang paruh kedua.

“Kami membuat sedikit kesalahan. Setelah itu kami bisa memperbaikinya dan terjadi perubahan besar di paruh kedua. Kami lebih mudah untuk mencetak poin,” ungkap pelatih Dewa United Maxi Seigorman.

Meski demikian Dewa United juga ceroboh dengan total 20 turnover di gim ini. “Saya tidak menyukai hal itu. Tetapi ini baru gim pertama. Kami berharap bisa lebih baik dalam pertandingan berikutnya,” lanjut Seigorman.

Elang Pacific sempat menyulitkan Dewa United melalui 9/32 tripoin. Sayangnya mereka hanya bisa memanfaatkan 20 turnover Dewa United menjadi 14 poin saja. Selain itu juga akurasi buruk Elang Pacific yang memasukkan 22/74 tembakan.

“Jadi memang ketika fisik menurun, pasti fokusnya menurun, dan lebih banyak membuat turnover. Pengalaman juga berbicara ketika di kuarter keempat,” ujar pelatih Elang Pacific R. Aries Herman.

Dio Freedo Putra mencetak 15 poin dan lima rebound. M. Aulaz Ariezky dengan 14 poin dan dua steal. Gregorio Claudie Wibowo menyumbang 10 poin dan enam rebound.

Besok Dewa United akan bertemu dengan Satya Wacana Salatiga di lanjutan grup A. Kemudian Elang Pacific berhadapan dengan NSH Mountain Gold Timika. (rag)

Foto: IBL/Hariyanto

Komentar