IBL

Brooklyn Nets dan Steve Nash memutuskan untuk putus kontrak, Selasa (01/11), waktu setempat. Kabar ini pertama kali dikabarkan The Athletic yang lantas diiringi rilis resmi dari Nets dan juga Nash. 

Sejak didapuk menjadi kepala pelatih pada 2020, Nash total memimpin Nets dalam 161 gim dan memiliki rekor menang-kalah (94-67). Atau secara persentase, jumlah ini setara dengan 58 persen kemenangan.

Prestasi terbaik Nash bersama Nets adalah lolos ke semifinal Wilayah Timur pada musim 2020—2021. Ya, artinya Nets hanya pernah memenangkan satu babak playoff bersama Nash. 

Musim lalu, mereka gagal di ronde pertama usai kalah atas finalis NBA, Boston Celtics dalam empat gim langsung. Ini adalah satu-satunya duel yang langsung berakhir di empat gim.

Di musim pertamanya, Nash dan Nets hanya berjarak satu ibu jari dengan kemungkinan melaju ke babak yang lebih jauh. Di semifinal Wilayah Timur melawan Milwaukee Bucks, Gim 7 harus berlanjut ke tambahan waktu saat tembakan Kevin Durant dihitung dua poin karena sangat tipis sekali menginjak garis. 

Di lain sisi, bukan tanpa alasan Nash kesulitan mendapatkan kemenangan. Ia cukup jarang mendapatkan situasi di mana semua pemainnya siap bertanding 100 persen secara kesehatan dan faktor-faktor lain. 

Selama menjabat, total ada 83 starting lineup yang ia turunkan dalam 161 gim itu. Duet Kevin Durant dan Kyrie Irving hanya bermain bersama 64 kali. Irving absen di banyak gim saat NBA pemerintah New York memberikan mandat wajib vaksin. 

Hal ini pula yang membuat Nets tetap kesulitan meski mereka sempat punya James Harden. Bahkan trio yang di atas kertas sangat menjanjikan ini hanya sempat bermain 16 kali sebelum Harden minta ditukar musim lalu ke Philadelphia 76ers. 

Untum sementara waktu, Nets akan dipimpin oleh asisten pelatih Jacque Vaughn. Vaughn sendiri sempat menjabat pelatih sementara saat Kenny Atkinson mundur di tengah musim pada 2019—2020. 

Pun demikian, laporan lanjutan menyebutkan bahwa Vaughn bukanlah pilihan utama Nets untuk posisi kepala pelatih. Nets dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan beberapa kandidat seperti Quin Snyder hingga kepala pelatih Celtics yang sedang dalam masa hukuman dari organisasi, Ime Udoka. 

Nama yang terakhir disebut sudah tak asing dengan Nets. Pada musim 2020—2021, atau saat Nash pertama kali menangani tim, Ime ada di sana sebagai asisten pelatih, bersama salah satunya pelatih kawakan Mike D'Antoni. 

Musim ini, Nets sudah bermain tujuh kali dan beru mengantongi dua kemenangan. (DRMK)

Foto: NBA 

Komentar