IBL

NBA musim 2022-2023 baru dimulai. Namun sudah ada beberapa pemain yang mencetak rekor baru dalam karirnya. Bintang Brooklyn Nets, Kevin Durant naik ke peringkat 20 dalam daftar pencetak poin NBA sepanjang masa. Sedangkan garda andalan Boston Celtics Marcus Smart melampaui catatan legenda NBA Ray Allen dalam daftar pencetak tripoin sepanjang masa. 

Kevin Durant dinilai sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah bermain di NBA. Pada pertandingan Nets melawan Memphis Grizzlies, 24 Oktober 2022, waktu Amerika Serikat, Durant berhasil membuat sejarah. Durant telah mengumpulkan poin karir ke-25.614. Catatan tersebut melewati Alex English untuk posisi ke-20 dalam daftar skor sepanjang masa NBA. 

Pemain yang ada di atas Durant adalah Vince Carter dengan jumlah poin sebanyak 25.728 poin. Dengan performa Durant sekarang, rasanya dia bisa mengejar Carter musim ini. Sebab Durant memiliki rata-rata setidaknya 20,3 poin per pertandingan selama 14 musim di NBA. Selain di musim pertamanya, pemain berusia 34 tahun tersebut memiliki rata-rata setidaknya 25,1 poin per pertandingan di setiap musim yang dia mainkan. 

Foto: MassLive.com

Sementara itu, Marcus Smart juga memecahkan rekor penting di Boston Celtics, pada 24 Oktober 2022, waktu setempat. Smart melewati catatan penembak jitu legendaris NBA Ray Allen, serta menduduki posisi keempat dalam daftar pencetak tripoin terbanyak sepanjang masa di tim Boston Celtics. Saat ini Smart sudah memasukkan 801 tripoin dengan memakai seragam Celtics. 

Dikutip dari catatan landofbasketball.com Peringkat pertama untuk kategori ini adalah Paul Pierce dengan total 1.823 tripoin. Disusul Antoine Walker dengan catatan 937 tripoin, lalu di posisi ketiga ada Jayson Tatum dengan total 839 tripooin. Smart layak menikmati momen ini setelah berhadapan dengan orang-orang yang meragukan kemampuan menembaknya selama bertahun-tahun. 

Selama lima musim terakhir, Smart telah menembak 34,1 persen dari dalam pada 5,3 percobaan per pertandingan, yang hampir setara dengan rata-rata liga yaitu 35,8 persen selama rentang itu. Smart harus terus melakukan tembakan tripoin agar tidak terusul oleh Jaylen Brown, yang berada di posisi keenam dengan 729 tripoin. 

Mungkin salah satu yang bakal sulit dikalahkan nantinya adalah Jayson Tatum. Mengingat jumlah percobaan tembakan Tatum lebih tinggi dari Smart. Kedua pemain juga terpaut 38 tripoin. Tatum lebih unggul dibanding Smart. (*)

Foto: The Athletic

Komentar