IBL

Untuk pertama kalinya Pascal Siakam dan Christian Koloko masuk starting line up Toronto Raptors. Mereka turut berkontribusi dalam kemenangan Raptors 98-90 atas Miami Heat pada Senin (14/10) di FTX Arena, Florida.

Kemenangan itu juga menandai pertama kalinya dalam sejarah NBA ada dua pemain asal Kamerun turun dalam satu gim yang sama. Kemungkinan mereka untuk melakukan hal itu lagi akan semakin besar pada akhir pekan ini.

Sebelumnya sudah ada 30 gim yang mencatat dua pemain asal Kamerun di NBA. Namun, masing-masing berada di tim yang berbeda. Sebagian besar mempertemukan Siakam dan Joel Embiid, yang memperkuat Philadelphia 76ers.

Dalam gim itu Pascal dan Koloko menggabungkan 25 poin dan 11 rebound. Kemenangan itu membuat rekor Raptors menjadi 2-2. Pada Kamis dan Sabtu WIB nanti Raptors akan berhadapan dengan Philadelphia 76ers.

Pada gim melawan Sixers lusa nanti, catatan itu bisa bertambah. Sebelumnya tidak pernah ada tiga pemain starter dari Kamerun dalam satu pertandingan. Siakam, Koloko, dan Embiid merupakan mantan pemain yang pernah mengikuti Basketball Without Borders Africa.

Catatan Koloko sebagai ruki memang sedikit tercoreng. Ia sempat terlibat perkelahian dengan Caleb Martin saat melawan Miami Heat pada Sabtu (22/10) lalu. Martin kena skors datu gim, Koloko mendapat denda AS$15 ribu.

Baca juga: Terlibat Perkelahian, Martin dan Jovic Diskors, Koloko Kena Denda

Gim keempat Raptors itu juga menjadi debut Koloko sebagai starter. Ia mengambil posisi yang ditinggalkan Scottie Barnes, yang sedang mengalami cedera pergelangan kaki. Sementara Siakam menjalani musim ketujuhnya bersama Raptors dan musim kelima sebagai starter.

Koloko merupakan pemain Kamerun kelima yang bergabung di NBA. Ia dan Siakam sama-sama berasal dari Douala, Kamerun. Sebelum mereka ada pemain Kamerun lain yaitu Embiid (yang saat ini berstatus sebagai warga negara AS dan Prancis), Luc Mbah a Moute, dan Ruben Boumtje-Boumtje. (rag)

Foto: NBA

Komentar