IBL

Kompetisi 3x3 belakangan makin menarik bagi peserta. Sebelumnya, IBL 3x3 memberikan hadiah uang pembinaan dan bertanding di salah satu FIBA World Tour Masters. Kali ini, di Livin by Mandiri Indonesia 3x3 Tournament, panitia berjanji akan menggandakan uang pembinaan serta memberikan fasilitas di babak final.

Turnamen ini sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022. Kini sudah sampai di kota Surabaya dan Malang, yang menjadi provinsi terakhir penyelenggaraan turnamen tersebut. Chaerul Anwar Azis selaku Project Director mengatakan bahwa penyelenggara akan membuat babak final lebih menarik lagi. Sehingga para peserta semakin terpacu untuk bisa memenangkan pertandingan di fase penyisihan. 

"Ini bagian dari apresiasi kami atas kerja keras dan semangat para peserta," jelas Azis. "Kalau biasanya hadiah untuk province final sebesar 50 juta rupiah, nantinya di grand final akan kami gandakan menjadi 100 juta rupiah."

Jelas ini nilai yang menggiurkan bagi para peserta. Karena pada babak Grand Final yang dijadwalkan pada 26-27 November 2022 di Jakarta tersebut, pesertanya sudah ditentukan. Jumlahnya ada 32 tim yang terdiri dari tiga tim terbaik dari masing-masing provinsi. Agar lebih meringankan peserta, pihak penyelenggaran juga memberikan subsidi transportasi dan akomodasi kepada peserta yang masuk grand final.

"Selama grand final berlangsung, peserta tidak perlu khawatir. Panitia akan menjamin mereka baik dari akomodasi, transportasi, dan konsumsi. Besaran subsidinya akan disesuaikan dengan daerah asal masing-masing peserta. Jadi jumlahnya tidak akan sama," imbuh Aziz. 

Babak penyisihan provinsi untuk turnamen tersebut sudah dilakukan di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta. Sementara provinsi terakhir yaitu Jawa Timur, pelaksanaannya pada bulan Oktober 2022. Rinciannya pada tanggal 21 Oktober 2022 digelar seleksi tingkat kota di Malang, kemudian 23 Oktober 2022 di Surabaya. Selanjutnya, 64 tim terbaik dari dua kota tersebut akan bertanding di penyisihan provinsi pada tanggal 29 dan 30 Oktober 2022 di Surabaya. Sekadar informasi kalau setiap peserta yang mengikuti turnamen ini wajib memiliki akun di play.fiba3x3.com. (*)

Sumber berita dan foto: Rilis Panitia 3x3

Komentar