IBL

Joe Mazulla mungkin tidak pernah berpikir ia akan menangani Boston Celtics secara langsung selama semusim penuh. Ia ditunjuk menjadi pelatih sementara menyusul hukuman yang diterima pelatih kepala Ime Udoka pada September lalu.

Pada laga perdana Celtics musim ini, mereka berhasil mengalahkan rivalnya Philadelphia 76ers dengan skor 126-117 di TD Garden pada Selasa (18/10) waktu setempat. Ini juga menjadi momen yang spesial. Sebab, Celtics juga mengadakan acara untuk mengenang legenda NBA, Bill Russell, yang meninggal pada 31 Juli 2022.

Baca juga: Pelatih Celtics Imde Udoka Diskors Selama Setahun

“Itu adalah momen yang membanggakan. Saya pikir itu dimulai dengan upacara penghormatan untuk Bill Russell dan hanya berbicara tentang warisan yang ia berikan di dalam dan di luar lapangan, tanggung jawab yang kami emban untuk mempertahankannya dan membangun warisan kami sendiri,” ujar Mazulla kepada NBA.

Setelah pertandingan selesai, para pemain dan ofisial Celtics memasuki ruang ganti. Mazulla memberikan para pujian kepada para pemain yang tampil sangat impresif. Para pemain merayakan kemenangan itu dengan menyiram Mazulla dengan air dari botol minum.

“Saya pikir di akhir pertandingan, saat sorakan ‘Ayo Celtics’ menggema, seperti kami tampil menutup musim. Ketika mereka bersorak mendukungmu, itu berarti Anda melakukan hal yang benar,” lanjut Mazulla.

Pada gim tersebut, Jayson Tatum dan Jaylen Brown menjadi ujung tombak Celtics. Mereka sama-sama mencetak 35 poin. Tatum meraih dobel-dobel dengan 12 rebound. Tatum dan Brown menjadi duo pertama yang mencetak 35 poin di gim pembuka sejak 1969. Capaian itu terakhir kali diraih oleh Wilt Chamberlain dan Jerry West.

Baca juga: Brown & Tatum Masing-masing 35 Poin, Celtics Buka Musim dengan Kemenangan

“Hal yang saya kagumi dan Joe adalah dia sangat jujur bahwa dia tidak selalu tahu segalanya. Dia ingin kami membantunya sebanyak ia membantu kami. Sepertinya kami menjalani hubungan dan kami semua berusaha mencapai hal yang sama,” ungkap Tatum.

Sementara itu status Udoka masih sebagai pelatih kepala Celtics. Ia mendapat skors sepanjang musim ini karena melakukan pelanggaran internal tim. “Keputusan tentang masa depan (Udoka) dengan Celtics di luar musim ini akan dibuat di kemudian hari,” tulis pernyataan Celtics saat itu. (rag)

Foto: NESN

Komentar