IBL

Hukuman untuk Ime Udoka telah dijatuhkan. Pada Kamis (23/9) malam atau Jumat WIB itu, Boston Celtics mengumumkan bahwa pelatih kepala Ime Udoka mendapat skors selama musim 2022-23. Udoka dinyatakan melanggar aturan internal Celtics.

Dalam pernyataan resminya, Celtics memang tidak merinci jenis pelanggaran yang dilakukan Udoka. Tetapi dari laporan media-media Amerika Serikat, Udoka melanggar kode etik organisasi dengan terlibat “hubungan konsensual yang tidak pantas” dengan seorang perempuan yang menjadi anggota staf karyawan.

Hukuman itu akan berlaku sejak hari ini. Dengan begitu Udoka tidak bisa mendampingi Celtics ketika NBA Bergulir pada 18 Oktober mendatang. Mereka dijadwalkan bertemu Philadelphia 76ers di TD Garden.

Celtics kemudian menunjuk asisten pelatih Joe Mazzulla sebagai pengganti selama Udoka mendapat skorsing. Mereka akan membuka pemusatan latihan pada Selasa (27/9) mendatang sebagai persiapan menuju musim 2022-23.

Adapun status Udoka sebagai pelatih kepala belum ditentukan. “Keputusan tentang masa depannya (Udoka) bersama Celtics setelah musim ini akan diambil dalam waktu dekat,” tulis Celtics dalam keterangan resminya itu.

Baca juga: Langgar Kode Etik, Ime Udoka Terancam Sanksi

Dari laporan Turner Sports, Udoka sendiri tidak memiliki rencana  untuk mengundurkan diri. Disisi lain tidak ada jaminan bahwa posisi Udoka akan aman setelah musim 2022-23.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh ESPN, Udoka meminta maaf atas hal yang terjadi kepada para pemain dan staf Celtics, penggemar, dan keluarganya. “Saya minta maaf karena menempatkan tim dalam situasi sulit ini. Saya menerima keputusan tim. Untuk menghormati semua orang yang terlibat, saya tidak akan berkomentar lebih lanjut,” kata pelatih berusia 45 tahun itu.

Udoka bergabung dengan Celtics pada Juli 2021 lalu. Setelah pensiun sebagai pemain pada 2012, ia menjadi asisten pelatih di San Antonio Spurs, Philadelphia 76ers, dan Brooklyn Nets.

Ia menjadi bagian dari kesuksesan Celtics musim lalu. Mereka menjadi juara wilayah Timur dan tampil cemerlang di babak playoff. Tetapi harus mengakui keunggulan Golden State Warriors di final NBA 2021-22. (rag)

Foto: Bleachers Reports

Komentar