IBL

Pelatih Boston Celtics Ime Udoka terlibat skandal. Dalam laporan ESPN pada Rabu (23/9) itu, Udoka disebut melakukan tindakan indisipliner. Dalam hal ini Udoka terlibat “hubungan konsensual dan intim yang tidak pantas” dengan seorang perempuan yang menjadi anggota staf Celtics.

Hubungan tersebut dianggap sebagai pelanggaran kode etik organisasi. Tindakan indisipliner itu membuat Udoka terancam skorsing besar. Dalam laporan itu masih disebutkan bahwa Celtics dan liga sedang dalam percakapan untuk menentukan tindakan yang tepat untuk Udoka.

Keputusan itu akan segera diumumkan paling lama pada Kamis (23/9) atau Jumat WIB. ESPN menyebutkan bahwa pekerjaan Udoka diyakini tidak dalam bahaya. “Meskipun belum ada keputusan akhir yang dibuat, dalam diskusi internal itu telah memasukkan skenario yang membuat Udoka bisa absen pada musim 2022-23 mendatang.,” kata sumber ESPN tersebut.

Sumber tersebut mengatakan kemungkinan asisten pelatih Joe Mazzula dipertimbangkan secara serius untuk menggantikan peran Udoka sementara waktu. Sementara itu Asisten utama Udoka, Will Hardy, telah pergi untuk menjadi pelatih Utah Jazz.

Udoka baru semusim menjadi pelatih kepala Celtics. Ia berhasil mengantar tim tersebut ke final NBA 2021-22 dan kalah dari Golden State Warriors. Ini juga debut Udoka sebagai pelatih kepala. Sebelumnya ia menjadi asisten pelatih di San Antonio Spurs (2012-2019), Philadelphia 76ers (2019-2020) dan Brooklyn Nets (2020-2021).

Pelatih berusia 45 tahun itu menjadi pelatih keturunan Afrika kelima yang menjadi pelatih kepala Celtics. Pada 28 Juni 2021 lalu Udoka resmi menjadi pelatih kepala Celtics menggantikan Brad Stevens yang naik jabatan menjadi presiden operasi Celtics.

Pada musim pertamanya itu Udoka membuat perubahan luar biasa bagi Celtics. Mereka menutup musim dengan rekor 28-7 pada 35 gim terakhirnya. Celtics tampil mengesankan selama babak playoff dan melangkah ke final NBA untuk pertama kalinya selama 12 tahun terakhir.

Celtics akan membuka musim 2022-23 dengan melawan Philadelphia 76ers pada 18 Oktober mendatang di TD Garden. Dengan adanya kejadian ini, kemungkinan besar Udoka tidak akan hadir dalam gim tersebut. (rag)

Foto: Sportsnet

Komentar