IBL

Utah Jazz telah menandatangani multi-year contract, yang berarti kontrak lebih dari dua tahun, dengan general manager Justin Zanik. Pengumuman itu disampaikan pada Selasa (18/10) waktu setempat dan bertepatan dengan gim pembuka musim 2022-23.

“Ketajaman Justin dalam basket, kemampuan untuk menciptakan hubungan yang berarti di seluruh liga, dan manajemen organisasi kami adalah aset yang tak ternilai. Kami senang dia akan terus memimpin tim ini,” kata eksekutif Jazz Danny Ainge dilansir melalui ESPN.

Zanik telah menjabat selama tiga musim bersama Jazz. Pria berusia 75 tahun itu baru saja menyelesaikan jeda musim yang sibuk. Ia harus menyelesaikan pertukaran yang melibatkan All-Star Jazz, Rudy Gobert dan Donovan Mitchell.

Kedua pemain itu disebut tidak akur dan membuat situasi dalam tim memburuk. Akhirnya Gobert ditukar ke Minnesota Timberwolves. Sedangkan Mitchell menyebrang ke Cleveland Cavaliers.

Selain itu Jazz juga harus berpisah dengan pelatih Quin Snyder. Posisi tersebut akhirnya digantikan oleh Will Hardy. Sebelumnya Hardy pernah menjadi asisten pelatih di San Antonio Spurs dan Boston Celtics.

Dengan perpanjangan kontrak tersebut, Zanik akan memasuki musim keempatnya sebagai general manager. Ia bergabung dengan Jazz pada 2013 lalu sebagai asisten general manager. Jabatan yang sama saat ia di Milwaukee Bucks pada 2016. Lalu ia kembali ke Jazz pada 2017. Zanik diangkat menjadi general manager Jazz dua tahun kemudian.

Dalam keterangan resminya Zanik mengaku sudah jatuh cinta dengan Utah. Ia menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk memimpin tim tersebut.

“Saya sangat menghargai kerja sama dengan Ryan dan Danny dan saya senang dengan perjalanan kami ke depan bersama pelatih Hardy. Kami berharap dapat membangun tim untuk memenangkan kejuaraan yang pantas didapatkan untuk para penggemar kami,” ujar Zanik.

Musim lalu Jazz terhenti di babak playoff setelah kalah enam gim dari Dallas Mavericks. Besok Jazz akan membuka musim melawan Denver Nuggets di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City. (rag)

Foto: Deseret News, NBA

Komentar