IBL

Tiga putra LaVar Ball akhirnya bakal bermain di NBA. Lonzo yang tertua musim depan masih membela Chicago Bulls. Lalu LaMelo kini menjelma menjadi bintang utama Charlotte Hornets. Dan, sekarang LiAngelo mengikuti jejak kakak keduanya di klub milik Michael Jordan. Menurut Shams Charania dari The Athletic, anak termuda dari keluarga Ball tersebut mendapatkan kontrak satu tahun tanpa jaminan dari Hornets. 

Kabar ini terdengar menggembirakan bagi keluarga Ball. Saudara tertua, Lonzo Ball bereaksi terhadap kontrak baru yang diterima adiknya pada akun Twitter pribadinya. Lonzo menulis bahwa yang dibutuhkan adiknya hanyalah kesempatan. Lonzo ingin menegaskan bahwa adiknya punya kemampuan bermain di level NBA, hanya saja kurang kesempatan. 

Pernyataan Lonzo ini seakan mengingatkan pada momen setahun lalu. LiAngelo Ball juga pernah mendapatkan kontrak tanpa jaminan, pada bulan Oktober 2021. Tetapi 24 jam kemudian, Hornets memutus kontrak tersebut. Sekadar informasi, bahwa kontrak tanpa jaminan ini biasanya dipakai klub untuk mengikat pemain, tapi mereka masih melihat dulu kualitasnya. Kalau memang bagus, mereka akan memasukkan nama pemain tersebut dalam roster. Kalau tidak, pemain dengan kontrak tanpa jaminan akan dikirim ke G League. 

Menurut James Plougright dari Sports Illustrated, dirinya tidak terlalu bersemangat untuk melihat Gelo (sapaan akrab LiAngelo Ball) berseragam Hornets musim depan. Karena dirinya belum membuktikan kemampuannya di level NBA. Gelo memang menghabiskan waktunya di kamp pelatihan musim lalu dengan Hornets dan LaMelo juga. Tapi dia belum memainkan pertandingan NBA sama sekali. 

Pemain berusia 23 tahun itu terakhir berkompetisi untuk afiliasi Hornets, Greensboro Swarm dari NBA G League. Dia rata-rata mencetak 4,6 poin dan 1,1 rebound dalam 28 pertandingan (13,2 menit) musim lalu. LiAngelo Ball mendaftar di UCLA pada tahun 2017 tetapi ditangkap karena diduga mengutil di Shanghai, Cina, sebelum pembukaan musim dan diskors oleh tim. Dia mengundurkan diri dari sekolah dan tidak terpilih dalam NBA Draft 2018. Dia bermain secara profesional di Lithuania pada 2018 dan kemudian berkompetisi dari 2018-2019 untuk Los Angeles Ballers di Junior Basketball Association, liga yang didirikan oleh ayahnya, LaVar Ball. (*)

Foto: Charlotte Observer

Komentar