IBL

FIBA mengeluarkan peraturan baru, yang akan berlaku mulai 1 Oktober 2022. Ada tiga hal yang berubah, mencakup tentang tugas kepala pelatih, peraturan pemainan di dua menit terakhir, dan perlengkapan lapangan yaitu lantai kaca LED. FIBA merilis peraturan ini dalam satu paket, sehingga wajib bagi insan basket untuk membaca, terutama wasit, pelatih, dan penyelenggara pertandingan. 

Peraturan Bola Basket Resmi FIBA ini mulai berlaku 1 Oktober 2022. Untuk menerapkan aturan tersebut di seluruh dunia, FIBA sudah mengunggah dokumen peraturan ini, dan diterbikan dalam beberapa bahasa. Bahkan ada juga presentasi dan video yang bisa menjelaskan perubahan aturan tersebut. 

Ada tiga poin utama yang diubah dalam peraturan FIBA. Tiga poin tersebut meliputi:

Tangkapan layar dari fiba.basketball. (Sumber: fiba.basketball)

Dikutip dari basketballnews.com, ada beberapa istilah baru yang diperkenalkan, seperti perubahan unsportsmanlike foul, prosedur IRS untuk Goaltending atau Basket Interference. Di dalam peraturan baru juga dimasukkan tanda-tanda baru untuk wasit. FIBA juga menyempurnakan redaksional beberapa peraturan, sehingga wajib dibaca oleh semua yang terlibat dalam pertandingan bola basket. 

FIBA Referee Operations ​​telah mengadakan sejumlah webinar untuk wasit FIBA, instruktur wasit FIBA, dan pelatih bola basket. Tujuannya agar perubahan ini bisa segera diterapkan pada awal bulan Oktober 2022. 

Berikut tautan dokumen peraturan baru FIBA yang bisa diunduh dan dibaca: 

1. Peraturan Bola Basket Resmi dalam Bahasa Inggris 
2. Peraturan Bola Basket Resmi & Perlengkapan Bola Basket dalam Bahasa Inggris 
3. Interpretasi Peraturan Bola Basket Resmi dalam Bahasa Inggris 
4. Ringkasan Perubahan Aturan dalam bahasa Inggris
5. Presentasi dan video untuk menjelaskan perubahan aturan (*)

Foto: YNetNews

Komentar