IBL

Setelah memenangkan laga terakhir kemarin, D-Mix Surabaya kembali menang di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Rabu 22 November 2017. Kali ini mereka berhasil menumbangkan Amaris Makassar Warriors 70-56. Apalagi tim asal Surabaya itu memakai jasa pemain asing, sementara lawannya tidak.

Pada pertandingan itu, pemain asing Michael Earl tampil baik bersama D-Mix. Secara keseluruhan, ia mengoleksi 16 poin, 6 rebound, dan 2 steal. Kemudian, Ahmad Guntoro dan Larry Turner menyusul di belakang. Mereka masing-masing menyumbang 14 dan 12 poin.

Sementara itu, Warriors mengandalkan Barmanto Sanggola. Ia mencetak 13 poin dan 6 rebound untuk timnya. Gentry Brief Snaen kemudian membantu dengan 10 poin. Sayang, kombinasi pemain lokal Warriors tidak dapat mengimbangi kombinasi lokal-asing milik D-Mix.

Di kuarter pertama, kedua tim bermain imbang di lima menit pertama. Namun, D-Mix langsung meninggalkan lawannya setelah itu. Mereka mencetak 21 poin, sementara lawannya hanya 11. Margin skor hampir dua kali lipat.

Kuarter dua, D-Mix menjaga asa. Mereka menjaga margin tetap lebar. Akan tetapi, Warriors pun tidak mau kalah. Mereka melancarkan serangan-serangan cepat, berusaha mengimbangi permainan lawan. Sayangnya, D-Mix tetap di atas angin dengan skor di paruh waktu pertama 33-19.

Masuk ke kuarter tiga, pertandingan semakin memanas. D-Mix mulai menyimpan pemain asing dan memainkan pemain lokal lebih lama. Menurut, Kepala Pelatih Wibowo, hal itu dilakukan supaya anak-anak asuhnya punya pengalaman. Apalagi lawannya sesama pemain lokal. Akan tetapi, hal itu membuat mereka tersusul. Skor 44-43 untuk Warriors.

“Ini bagus buat latihan mental pemain lokal,” ujar Wibowo. “Pertandingan-pertandingan ketat seperti ini bisa jadi latihan untuk mereka. Lawan juga sesama pemain lokal.”

Di babak akhir, skor tetap ketat sampai pertengahan kuarter empat. Warriors berusaha memenangkan pertandingan, tetapi D-Mix terus melawan. Perlawanan itu kemudian membuahkan hasil. D-Mix kembali memimpin dan menang 70-56.

Menurut Achmad, kepala pelatih Warriors, meski pun tidak boleh dijadikan alasan, bagaimana pun pemain asing lawan menyulitkan mereka. Karena setidaknya, kedua pemasin asing itu mencetak dua digit poin. Angka yang cukup untuk memberi mereka tekanan.

Dengan demikian, meski pun kemungkinannya sudah tidak ada, Warriors masih tetap akan melakoni pertandingan melawan Papas Surabaya, Kamis 23 November 2017. Sementara itu, D-Mix akan menghadapi tim BBM Pontianak Warriors sehari setelahnya. Kedua tim merupakan tim peringkat atas di grup B.

Foto: Dika Kawengian

Komentar