IBL

Stapac Jakarta tampil meyakinkan di semifinal Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017, Sabtu (25/11/2017) malam. Stapac menghancurkan GSBC CLS Knights Jakarta, 91-77. Hasil ini membawa Stapac tampil di final menghadapi BBM Warriors Jakarta (26/11/2017). Kedua tim di babak penyisihan sama-sama tampil sempurna. Mereka menjadi juara grup dengan mencatatkan lima kemenangan.

Kunci keunggulan Stapac di laga ini ada pada kuarter pertama. Mereka langsung menggebrak pertahanan GSBC CLS dan unggul 22-11. Ternyata itu bagian dari strategi kepala pelatih Stapac, Ramos Geraldo Villalon. Ia memang ingin timnya tidak membuang-buang kesempatan.

"Setiap tim yang ingin menang, harus bisa tampil meyakinkan di awal pertandingan, itu yang saya inginkan. Khusus untuk Prastawa, ia selalu siap diturunkan. Ketika saya panggil dia dari bangku cadangan, dia selalu siap dan bermain baik," ucap Coach Bong.

Stapac Jakarta unggul 50-31 pada paruh pertama. Marcus Morisson dan Handri Satrya Santosa tampil sangat bagus dan mencetak lebih dari separuh poin Stapac. Handri mencetak 13 poin dari total 15 poinnya pada dua kuarter awal.

Perlawanan hebat dilakukan GSBC CLS pada kuarter ketiga. Mereka bermain sangat bagus dan berhasil mencetak 25 poin di kuarter ini. Katon Adjie Baskoro dan kawan-kawan sukses memangkas ketertinggalan menjadi sebelas poin di kuarter ketiga. Kuarter keempat menjadi puncak dari duel kedua tim ini. Sangat seru dan menghibur para penonton yang hadir di DBL Arena, Surabaya. Sayang perlawanan sangat sengit yang diberikan GSBC CLS Knights gagal berbuah kemenangan. Stapac Jakarta mengakhiri laga ini dengan skor akhir 91-77.

"Kami bermain bagus di defense. Semua pemain tinggal mengikuti alurnya saja ketika dia sudah tahu defense yang baik," tutur Coach Bong.

Dua pemain asing berkontribusi besar atas kemenangan Stapac hari ini. Marcus Morisson menjadi pencetak angka terbanyak dengan 22 poin. Sedangkan Steven Thomas mencatat double-double dengan 16 poin dan 19 rebound.

Duo GSBC CLS Knights Carter Sampson dan Statham Taylor Thomas juga bermain bagus dan mencetak double-double. Carter dengan 27 poin dan 10 rebounds, sedangkan Statham dengan 15 poin dan 15 rebound. Widyanta Putra Tedja juga tampil impresif dengan menyumbang 14 poin.

Final Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017 akan berlangsung di DBL Arena Surabaya pada 26 November 2017. Kedua tim finalis akan bertarung untuk memperebutkan trofi Jawa Pos-Honda Pro Tournament dan trofi Menpora Republik Indonesia. Tim juara juga berhak atas satu unit mobil New Honda Brio Satya. (*)

Foto: Dika Kawengian

Komentar