IBL

Penonton yang hadir di DBL Arena Surabaya tampak tegang saat menyaksikan pertandingan BBM Pontianak Warriors melawan Stapac Jakarta di menit-menit akhir kuarter keempat. Pendukung Stapac memang sudah bersiap untuk berpesta karena tim kesayangan mereka unggul tiga poin, 67-64. Tapi pesta Stapac batal. Sebab di sisa 12 detik, Jamarr Andre Johnson mampu mencetak tembakan tripoin dari asis Dimaz Muharri. Skor sama kuat 67-67 dan laga berlanjut ke babak overtime.

Itulah salah satu momentum kebangkitan BBM Warriors di partai final. Momen tersebut sekaligus membawa mereka berjaya menjuarai Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017 dengan menundukkan Stapac Jakarta, 75-73 lewat babak overtime.

Stapac mendapatkan angin segar saat laga memasuki kuarter ketiga. Mereka bisa membuat 19 poin dan menjadikan skor sama kuat, 53-53. Lalu tembakan tiga angka Marcus Morrison di pertengahan kuarter keempat membwa Stapac unggul lima poin (66-61). Semua penonton pun sudah yakin bahwa Stapac juara. Tapi di akhir, kekecewaan yang mereka dapatkan. Jamarr Johnson memasukkan tembakan tiga angka dan membawa laga berlanjut ke babak overtime.

"Saya tidak pernah menyangka bisa melakukan tembakan itu. Tapi saya mendapatkan kepercayaan diri lebih ketika menembak tembakan terakhir itu," ucap Jamarr, yang juga kapten tim BBM Warriors.

Memasuki babak overtime, BBM memulai dengan tembakan tiga angka Dimaz Aryo Dewanto. Kemudian tembakan gratis Steven Thomas dan dua poin dari Marcus Morrison membuat skor kembali sama kuat, 70-70. Di saat-saat genting, Dimaz Muharri menunjukkan kelasnya. Dimaz merangsek ke area lubang kunci dan memasukkan bola. Di saat yang sama, wasit meniup peluit dan menunjuk Steven Thomas melakukan pelanggaran. Three point play Dimaz Muharri membawa BBM Warriors unggul 75-73. Sejak saat itulah, Stapac tak mampu mencetak poin hingga buzzer berbunyi.

"Saya berusaha mencari komposisi yang tepat untuk melawan Stapac. Saya berusaha mencari pemain yang kira-kira bisa melawan pemain yang dikeluarkan oleh pelatih Stapac. Kehilangan Bell di laga sebelumnya memang berat, tapi saya bilang ke anak-anak untuk tetap berjuang merebut juara. Sebab mereka punya kesempatan untuk itu," kata advisor tim BBM Warriors, Wahyu Widayat Jati.

Kapten BBM Warriors, Jamarr Andre Johnson mencetak 14 poin dan 16 rebound. Disusul Dimas Aryo Dewanto (14 poin), Syam Hasyimi Albadi (13 poin), Decorey Aaron Jones (12 poin) dan Dimaz Muharri (11 poin). Di kubu Stapac Steven Thomas mengoleksi 16 poin dan 22 rebound, lalu Marcus Morrison membukukan 17 poin dan 12 rebound. Dua pemain lokal yang tampil baik yaitu Ebrahim Enguio Lopez (16 poin) dan Abraham Damar Grahita (10 poin).

Sebagai juara, BBM Warriors berhak membawa pulang satu unit mobil New Honda Brio Satya, trofi Jawa Pos dan trofi Menpora RI. Gelar juara ini semakin lengkap dengan dinobatkannya Jamarr Andre Johnson sebagai Most Valuable Player (MVP) kategori pemain lokal. (*)

Foto: Dika Kawengian, Dipta Wahyu

Komentar