IBL

Pada bulan Agustus 2022, rumah lelang Shoteby mengumumkan bahwa mereka punya benda bersejarah yang bisa terjual dengan harga mahal. Benda tersebut adalah jersei bola basket Chicago Bulls, yang dikenakan oleh Michael Jordan pada pertandingan pertama Final NBA 1998. Awalnya, jersei ini diperkirakan laku senilai AS$3 hingga 4 juta. Tapi di luar dugaan, justru dalam penutupan lelang, jersei tersebut terjual dengan harga AS$10,1 juta atau sekitar 150 miliar rupiah. Jersei tersebut memecahkan rekor penjualan memorabilia olahraga, dengan kategori seragam tim. 

Jersei ini mungkin yang paling menarik perhatioan kolektor memorabilia olahraga. Karena dalam sejarahnya, Michael Jordan memenangkan gelar terakhirnya sebelum pensiun. Sementara itu, jersei tersebut semakin populer setelah muncul dalam film dokumenter "The Last Dance". Menurut pengakuan Brahm Wachter selaku kepala streetwear dan koleksi modern Shoteby, pihaknya menerima 20 tawaran. Rata-rata calon pembeli ini berminat untuk memiliki benda paling bersejarah dalam karir Michael Jordan. Karena tidak hanya jersei yang dijual, melainkan satu paket dengan majalah Sports Ilustrated edisi Juni 1998, yang menampilkan Michael Jordan sebagai sampulnya. 

"Pemecahan rekor hari ini. Penjualan jersei ini mengukuhkan Michael Jordan sebagai GOAT (Greatest Of All Time) yang tak terbantahkan. Membuktikan nama dan warisannya tidak tertandingi dan tetap menarik perhatian, setelah 25 tahun berlalu," ungkat Wachter. 

Foto: Luxury Lauches

Jordan dipandang oleh banyak orang sebagai pemain terbaik dalam sejarah bola basket. Dia menghabiskan sebagian besar karirnya dengan Chicago Bulls, menjadi ikon global dan membantu meningkatkan profil NBA di seluruh dunia. Dalam Final NBA 1998, Chicago Bulls kalah pada pertandingan pertama melawan Utah Jazz. Lalu Bulls membalas dengan memenangkan tiga pertandingan berikutnya. Pada pertandingan keenam, Jordan membuat Bulls unggul 87-86 dengan hanya 5,2 detik tersisa, dan mengamankan gelar NBA terakhirnya.

Michael Jordan, yang kini berusia 59 tahun, dan pensiun dari NBA pada tahun 2003, masih bisa mencetak rekor atas namanya. Ketika jersei tersebut laku senilai AS$10,1 juta, maka melampaui rekor sebelumnya sebesar AS$9,28 juta, untuk jersei bintang sepak bola Diego Maradona yang dipakai pada Piala Dunia 1986. (*)

Foto: Reuters

Komentar