IBL

Rumah Lelang Shoteby pada 27 Januari 2023 akan melelang salah satu memorabilia paling bersejarah dari seorang LeBron James. Benda tersebut adalah jersei Miami Heat yang dipakai LeBron pada pertandingan ke-7 Final NBA 2013. Saat itu Heat berhasil mengalahkan San Antonio Spurs dengan LeBron James mencetak 37 poin. Dia dinobatkan sebagai MVP Final NBA kedua berturut-turut dengan rata-rata 25,3 poin, 10,9 rebound, 7 asis, dan 2,3 steal per pertandingan dalam tujuh laga. 

Shoteby menyebut bahwa ini adalah memorabilia paling berharga yang pernah masuk bursa lelang. Sebab dalam jersei tersebut terdapat emblem Final NBA 2013. Ini menunjukkan bahwa LeBron bermain dalam dua kali Final NBA berturut-turut, menjadi juara NBA dua kali berturut-turut, dan meraih penghargaan MVP Final beruntun pula. Menurut data CBS Sports, hanya ada enam pemain yang pernah memenangkan gelar MVP Final dua musim beruntun. Dan, salah satunya adalah LeBron James. 

LeBron James sekarang sedang dalam pembicaraan hangat, karena dia hanya berjarak 261 poin dengan pemegang rekor poin terbanyak NBA sepanjang masa, Kareem Abdul-Jabbar. Sehingga momen tersebut bisa mendongkrak penjualan semua memorabilia LeBron James, termasuk jersei yang akan dilelang pada akhir bulan Januari 2023. Oleh karena itu, Shoteby memperkirakan harga jersei LeBron James ini bakal laku di kisaran 5 juta dolar Amerika atau setara dengan 75 miliar rupiah.

"Ini adalah benda yang menandai sejarah perjalanan seorang pemain hebat. LeBron James sedang dalam perjalanan untuk mematahkan rekor Kareem Abdul-Jabbar. Sangat penting bagi LeBron James untuk membuat salah satu rekor paling bersejarah di liga, agar perdebatan GOAT dengan Michael Jordan semakin panas. Dengan begitu, memorabilia ini bakal semakin berharga mahal," kata Brahm Wachter, dari Shoteby Auction, menurut laporan CNBC

Namun perlu diketahui, bahwa kalau memang laku seharga 75 miliar rupiah, ternyata jersei LeBron James bukan yang paling mahal. Dalam sejarah lelang jersei olahraga, ada dua seragam bekas pemain dengan harga paling tinggi. Di tempat kedua ada jersei timnas Argentina yang dipakai mendiang Diego Armando Maradona saat mencetak gol "Tangan Tuhan". Jersei tersebut laku seharga 9,3 juta dolar, atau setara dengan 143 miliar rupiah. Kemudian di tempat pertama ada jersey Michael Jordan yang dipakai di Final NBA 1998 atau yang dikenal sebagai "The Last Dance" yang terjual seharga 10,1 juta dolar, atau setara dengan 152 miliar rupiah. (*)

Foto: wwd.com

Komentar