IBL

Italia memberi kejutan di EuroBasket 2022, Senin dini hari (12/9). Menghadapi Serbia yang tak terkalahkan di babak grup dan berstatus unggulan juara, Italia tampil solid di kuarter empat dan menang 93-86. 

Selalu dalam posisi tertinggal selepas lima menit pertama, Italia mulai mendapatkan momentum pengejaran di akhir kuarter tiga. Laju (16-2) di lima menit pertama kuarter empat lantas membuat Serbia benar-benar kehilangan kendali dan melihat Italia melenggang mulus ke babak perempat final.

 Akurasi paten Italia dari tripoin jadi salah satu pembeda terbesar di gim ini selain turnover. Italia memasukkan 42 persen tripoin (16/38) saat Serbia tertahan di 34 persen (10/29). Di turnover, Italia sangat rapi dengan hanya tujuh turnover sedangkan Serbia membuat 16 kali kesalahan sendiri. 

Marco Spissu jadi pendulang angka terbanyak untuk Italia dengan 22 poin, 4 rebound, dan 6 asis, tanpa satupun turnover. Spissu memasukkan 6/9 tripoin (67 persen). Spissu pula yang memasukkan dua tripoin di kuarter empat untuk memulai momentum keunggulan Italia. 

Mantan pemain NBA, Nicolo Melli, solid melalui 21 poin, 6 rebound, 4 asis, 2 steal, dan 2 blok.Simone Fontecchio menambahkan 19 poin dan 5 rebound sementara Archie Polinara membukukan 16 poin plus 8 rebound. 

Pencetak angka terbanyak gim ini tetap datang dari Serbia. Nikola Jokic masih dominan dengan dobel-dobel 32 poin, 13 rebound, dan 4 asis. Vasilije Micic membantu dengan 16 poin, 4 rebound, plus 8 asis. Sayangnya, dua andalan Serbia ini juga jadi penyumbang turnover terbanyak. Keduanya mengombinasikan dengan tujuh dari keseluruhan turnover Serbia. 

Di gim lain hari ini, Yunani menang atas Republik Ceko. Polandia mengalahkan Ukraina dan Kroasia membungkam Finlandia. 

Untuk perempat final, Italia akan melawan Prancis. Yunani jumpa Jerman, Spanyol menghadapi Finlandia, dan Slovenia akan berduel dengan Polandia. Perempat final akan digelar dua hari dimulai lusa. 

Foto: FIBA

Komentar