IBL

Jeremy Lin akhirnya menandatangani kontrak baru dengan Guangzhou Loong Lions, untuk bermain di CBA musim depan. Lin bisa menerima kenyataan bahwa dirinya tidak bisa kembali lagi ke NBA. Lin terakhir tampil di NBA tahun 2019, dia tidak mendapatkan kontrak baru setelah juara bersama Toronto Raptors. 

Pemain berusia 34 tahun tersebut, tahun lalu mencari cara untuk kembali ke NBA. Dia sempat mendapatkan kontrak dengan Santa Cruz Warriors di NBA G League. Tetapi dia bermasalah dengan cedera, yang membuat penampilannya kurang maksimal. Akhirnya pada awal pekan ini, Lin membuat pengumuman bahwa dia bermain untuk Guangzhou Loong Lions lewat akun Instagram pribadinya. 

Ben Stinar dari Sports Illustrated menilai kalau Lin sebenarnya masih layak tampil di NBA. Dia mengingatkan kembali momen-momen terbaik Lin di NBA. Seperti saat dia memimpin New York Knicks mencetak rekor 8-1, ketika Carmelo Anthony Cedera. Lin rata-rata mencetak 25 poin dan sembilan asis per pertandingan. 

Selain New York Knicks, Lin pernah bermain untuk Golden State Warriors, Atlanta Hawks, Los Angeles Lakers, Houston Rockets, Charlotte Hornets, Brooklyn Nets, dan terakhir Toronto Raptors. Di musim terakhir ini, Lin menjadi bagian dari tim juara Raptors. Dalam 480 pertandingan di musim reguler NBA, dia rata-rata mencetak 11,6 poin, 2,8 rebound, dan 4,3 asis. 

Kini Jeremy Lin membuka babak baru dalam perjalanan karirnya di CBA. Lin pernah bermain di CBA sebelumnya. Pada tahun 2011 dia membela Shenzhen Leopards. Setelah berpetualang di NBA, Lin bermain untuk Beijing Ducks pada musim 2019-2020. Terakhir, Lin membela Ducks di musim 2021-2022. Lalu sekarang pindah ke Guangzhou Loong Lions. (*)

Foto: the Ringer

Komentar