IBL

Cina sempat menutup negaranya akibat Covid-19. Namun, mereka berangsur-angsur pulih dari krisis yang menerpa. Para pemain Amerika Serikat yang bermain di Chinese Basketball League (CBA) pun mulai kembali.

Jeremy Lin dan Lance Stephenson salah duanya. Mereka kembali ke Cina dari Amerika Serikat. Lin dan Stephenson membela klub asal Negeri Tirai Bambu sejak tahun lalu, setelah tidak laku di NBA.

“Mendarat dengan selamat di Beijing untuk melanjutkan kompetisi CBA!” kata Lin lewat unggahan di Instagramnya. Ia terbang dari kediamannya di Bay Area ke Beijing selama lebih dari 40 jam.

Lin sendiri bermain untuk Beijing Duck. Ia mencetak rata-rata 24,2 poin, 5,8 rebound, dan 5,8 asis per pertandingan untuk klubnya. Duck mengantungi rekor 19-11 dengan potensi menembus playoff musim ini.

Sementara itu, Stephenson bermain untuk Liaoning Flying Leopards. Ia sempat diisukan akan kembali ke NBA. Namun, belum ada kabar lanjutan hingga sekarang. Apalagi NBA juga sedang ditunda akibat Covid-19 yang semakin meluas.

Lin dan Stephenson sebenarnya masih bermain di NBA musim lalu. Lin membela klub juara bertahan Toronto Raptors. Stephenson punya pengalaman bersama Los Angeles Lakers.

Raptors dan Lakers tidak lagi memanggil mereka. Klub-klub lain juga tidak tertarik merekrut keduanya. Lin sampai frustasi. Namun, terus melanjutkan karier di dunia bola basket dengan terbang ke Beijing.

CBA ditunda pada akhir Januari 2020 lalu. Pihak penyelenggaran berencana melanjutkan kompetisi pada pertengahan April nanti. Para pemain kembali sekarang untuk mempersiapkan diri.

Saat kompetisi dilanjutkan, CBA mungkin akan menggelar pertandingan dengan terbatas. Bahkan, tanpa penonton. Bagaimana pun, situasi belum sepenuhnya kondusif.

Sementara itu, NBA belum tahu kapan dimulai. Komisioner Adam Silver mengatakan bahwa pihaknya setidaknya membutuhkan waktu satu bulan. Mungkin juga sampai dua bulan menurut rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (GNP)

Foto: NBA

Komentar