IBL

WNBA 2022 akan memiliki juara baru. Connecticut Sun melaju ke final WNBA 2022 dengan dramatis. Dalam gim penentuan pada Kamis (8/9) di Wintrust Arena itu, Sun menumbangkan juara bertahan Chicago Sky 72-63 di hadapan pendukungnya sendiri. Dengan ini Sun melangkah ke final dengan kedudukan akhir 3-2.

Pada gim kelima (8/9) tersebut, Sun berhasil melakukan comeback epic dengan mencetak 18 poin beruntun di kuarter terakhir. PAda gim tersebut Sun sempat memimpin sepanjang paruh pertama. Namun, Sky sempat memukul balik di kuarter ketiga.

Momentum Sky terjadi di sisa waktu 3:46. Sebelumnya tembakan Kehleah Copper membawa kedudukan menjadi 54-63 untuk keunggulan Sky. Tetapi ini menjadi raihan poin terakhir bagi Sky. Akhirnya Sun mencetak poin beruntun dan membawa Sun mengambil kemenangan.

Ini menjadi final pertama Sun sejak 2019. Saat itu mereka harus mengakui keunggulan Washington Mystics 2-3.  Sepanjang sejarah tim, mereka sudah tiga kali masuk final. Momen kedua itu terjadi pada WNBA 2005 silam dan dikalahkan oleh Seattle Storm 1-2.

“Sejujurnya (kami) akan menikmati momen ini sekarang. Kami mengangkat topi untuk (Las Vegas) Aces. Kami akan melihat mereka di kejuaraan. Saya hanya akan menikmati momen ini disini,” ujar Jonquel Jones usai pertandingan.

Sun akan melawan Aces di final WNBA 2022. Gim pertama akan dimulai Minggu (11/9) mendatang. Masing-masing akan memperebutkan gelar pertama WNBA. Aces berstatus sebagai unggulan pertama. Sedangkan Sun menjadi unggulan ketiga.

Pada gim penentuan melawan Sky tersebut, Sun mencetak 27 dari 59 tembakan dengan akurasi 45,8 persen. Mereka sempurna dalam 16 tembakan gratis. Meski bermain ceroboh dengan mencetak 23 turnovers.

Jonquel Jones meraih dobel-dobel dengan 15 poin dan 10 rebound. DeWanna Bonner memberikan 15 poin, sembilan rebound, dan lima asis. Alyssa Thomas 12 poin, 10 rebound, dan delapan asis. Natisha Hiedeman 14 poin dan Courtney Williams 12 poin.

Sementara Kehleah Copper menjadi top skor dengan 22 poin. Emma Meesseman 14 poin dan 6 rebound untuk Sky. Disusul Courtney Vandersloot dengan 12 poin. Total Sun mencetak 24 dari 70 tembakan sepanjang gim tersebut. (rag)

Foto: WNBA

Komentar