IBL

Memang belum bisa dibuktikan kebenarannya, namun JR Smith meyakini kalau ada di NBA sekarang ada daftar pemain yang di "blacklist" atau masuk daftar hitam. Juara NBA dua kali (2016 dan 2020) tersebut menyebut salah satu indikasinya adalah pemain kesulitan mencari klub baru, termasuk dirinya sendiri. 

Penampilan JR Smith sekarang jauh berbeda dengan sebelumnya. Dia lebih rapi dan berwibawa, saat menjadi anggota tim golf kampus saat bermain di di North Carolina A&T Golf Tournament. Tetapi siapa yang menyangka kalau pemain berusia 36 tahun itu tidak bahagia dengan keadaannya sekarang. Dia masih tidak terima kalau karirnya di NBA harus berakhir seperti ini. 

"NBA punya 30 tim, tapi kenapa mereka melupakan saya. Saya yakin 100 persen bahwa sekarang saya masuk blacklist NBA," kata Smith dalam sebuah wawancara dengan Complex Sports. "Saya merasa daftar seperti itu ada. Lihat saja, Joe Johnson jelas masih bisa bermain, Jamal Crawford masih bisa bermain. Nick Young masih bisa bermain. Bahkan, Isaiah Thomas masih bisa bermain."

Namun pemain-pemain yang disebutkan Smith memang sudah habis masanya. Johnson, yang berusia 41 tahun, sebenarnya diberikan kontrak 10 hari oleh Celtics tahun lalu. Dia tampil dalam sebuah pertandingan, setelah tim mengalami masalah dengan Covid-19. Ini pertandingan pertama Johnson sejak 2018. Johnson dan Crawford sama-sama sudah berusia 40 tahun atau lebih.

Sementara Young, 37 tahun, memang belum bermain sejak 2019. Dia tidak mendapatkan tawaran sama sekali. Kemudian Thomas benar-benar seperti kering di atas air. Dia hanya berkeliling di sekitar NBA, tanpa bisa masuk klub. Beberapa tim sudah pernah mencobanya seperti Los Angeles Lakers, Dallas Mavericks, sampai Charlotte Hornets. Tapi tidak pernah ada yang memberinya kontrak penuh selama semusim. 

Foto: Bleacher Report

Smith, masih lumayan. Dia bermain enam pertandingan bersama Lakers pada musim 2019-20. Dia juga menjadi bagian dari tim Lakers pada gelar juara terakhir. Namun justru, gelar tersebut membayanginya. Hal tersebut membuatnya percaya diri. Smith yakin dia masih bisa memainkan peran dari bangku cadangan untuk sebuah tim. 

Jadi kesimpulannya, apakah daftar hitam yang disebutkan JR Smith memang ada? atau memang stok pemain muda di NBA melimpah, sehingga tim-tim tidak mau melirik pemain berusia yang berusia lebih dari 35 tahun. (*)

Foto: New York Post

Komentar