IBL

Pemain veteran NBA Udonis Haslem, dapat kontrak baru dari Miami Heat. Dengan ini, maka Haslem akan menjalani musim ke-20 di NBA. Heat tetap memberikan kontrak meski dia tidak memainkan 16 pertandingan dalam 6 musim. 

Haslem pada hari Minggu, 21 Agustus 2022, waktu Amerika Serikat mengumumkan bahwa musim NBA 2022-23 akan menjadi yang terakhir. Dia menyampaikan berita itu pada hari terakhir Kamp Basket dan Cheer yang diadakan di Miami Senior High School, almamaternya. Sementara setelah itu, Shams Charania dari The Athletic memberikan kabar kalau Haslem menandatangani kontrak baru dengan Heat. 

Pemain berusia 42 tahun tersebut telah menjadi pelengkap di ruang ganti Heat selama hampir dua dekade. Dalam 19 musim bersama tim, Haslem memiliki rata-rata 7,5 poin, 6,5 rebound, dan 0,8 assist. Tahun lalu, Haslem mencetak rata-rata 2,5 poin dan 1,9 rebound dalam 13 pertandingan.

Agak aneh bahwa Heat terus memberi Haslem tempat di roster pemain, mengingat dia bermain dengan menit yang terbatas. Haslem belum memainkan lebih dari 16 pertandingan dalam 6 musim, dan dia tidak memiliki rata-rata lebih dari 5 poin per game dalam 10 musim. 

Foto: Yahoo!Sports

Salah satu alasan utama keputusan Haslem untuk kembali bermain adalah ayahnya, Johnnie, yang meninggal pada bulan Agustus 2021. Haslem dan Johnnie selalu membahas tujuan bermain bola basket NBA selama dua dekade, sekarang Haslem berencana untuk memenuhi rencana itu.

"Saya telah memutuskan untuk menindaklanjuti apa yang saya dan ayah saya bicarakan," kata Haslem. "Saya akan menyelesaikan apa yang saya mulai, saya akan bermain 20 tahun. Saya akan bermain tahun ini karena saya membicarakannya dengan ayah saya dan itulah akarnya. Tidak akan sama, tidak akan semudah itu, tapi tujuannya tetap sama. Menang dan memenangkan kejuaraan."

Haslem akan menjadi pemain aktif tertua di NBA dan memasuki musim ke-20 di liga. Seluruh karirnya dihabiskan bersama Heat setelah keluar dari University of Florida pada 2003. Dia adalah rebounder terkemuka sepanjang masa di tim tersebut, berada di urutan kedua dalam jumlah pertandingan yang dimainkan, di belakang Dwyane Wade. Haslem juga menempati peringkat 10 besar sepanjang masa dalam beberapa kategori statistik untuk Heat termasuk blok, steal, akurasi tembakan masuk, percobaan tembakan, dan masih banyak lagi. 

Pemilik Heat Pat Riley dan kepala pelatih Erik Spoelstra telah beberapa kali menyebutkan betapa pentingnya Haslem dalam membawa semangat juara untuk pemain yang lebih muda. Heat telah mencapai Final Wilayah Timur dalam dua dari tiga musim terakhir. 

"Setelah saya menyelesaikan musim ini, saya ingin terus menjadi bagian dari organisasi di level tertinggi," kata Haslem. "Aku ingin duduk di sebelah Pat (Riley). Saya ingin duduk di sebelah Andy (Elisburg). Saya ingin duduk di sebelah Micky (Arison), dan terus memimpin di level itu. Itulah target saya selanjutnya." (*)

Foto: Masslive

Komentar