IBL

Australia baru saja mengumumkan skuad mereka untuk FIBA Women's Basketball World Cup 2022 yang akan digelar 22 September — 1 Oktober nanti. 

Sebagai tuan rumah, Australia datang dengan kekuatan penuh bahkan mereka juga membawa kejutan dengan membawa nama Lauren Jackson.

Berusia 41 tahun, Lauren akan memainkan Piala Dunia kelimanya dalam gelaran kali ini. Lauren sendiri baru kembali aktif di basket profesional tahun ini. Sebelumnya, pada 2016, ia memutuskan pensiun usai menjalani karier basket profesional sejak 1997. 

Ibu dua anak ini adalah juara WNBA dua kali sekaligus MVP WNBA tiga kali, semuanya bersama Seattle Storm. Ia juga jadi MVP di liga Korea dan Cina yang sempat ia mainkan. 

Lebih hebat lagi, Jackson sudah masuk dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada 2021 lalu. Ini akan jadi penampilan perdana Lauren dengan Australia sejak Olimpiade 2012 London. 

"Jujur saja, saya sangat emosional saat Sandy Brondello menghubungi saya untuk bermain di Piala Dunia ini, saya bahkan menangis," buka Lauren kepada laman resmi FIBA.

"Saya telah bekerja keras dalam beberapa waktu terakhir. Di awal, saya tidak yakin jika tubuh saya kuat menghadapi semua latihan ini. Ternyata itu bisa saya lewati dan saya sekarang merasa dalam kondisi terbaik," imbuhnya. 

"Perbedaan umur saya dengan para pemain lain otomatis hilang begitu kami ada di lapangan. Mereka menyambut saya dengan baik dan kami percaya diri dengan skuad yang kami miliki serta apa yang bisa kami lakukan nanti. Jika kami bisa mendapatkan medali, semua kerja keras akan terbayarkan dengan sempurna," tutup pemain yang dikenal dengan nomor punggung 15 ini. 

Lauren juga memimpin Australia ke medali emas FIBA Women's Basketball World Cup satu-satunya yang mereka raih pada 2006. Di gelaran terakhir FIBA Women's Basketball World Cup 2018 lalu di Spanyol, Australia finis sebagai peringkat kedua usai kalah dari Amerika Serikat di final. Berikut skuad lengkap Australia di FIBA Women's Basketball World Cup 2022. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar