IBL

Pada Senin (8/8) waktu setempat NBA mengirimkan sebuah memo yang berisi aturan vaksin. Mereka memberitahukan bahwa semua pemain harus divaksin Covid-19 atau menerima izin medis untuk bermain di Kanada pada musim mendatang ini.

Dilansir melalui laman ESPN, kebijakan ini ditetapkan oleh pemerintah Kanada sebagai perpanjangan dari aturan yang sudah ditetapkan pada musim sebelumnya. Hal ini membuat siapapun yang masuk Kanada harus divaksin. Termasuk para pemain Toronto Raptors saat melakukan perjalanan di Amerika Serikat dan Kanada.

Jika pemain tidak memenuhi syarat tersebut, maka mereka akan terdaftar dalam “Protokol Kesehatan dan Keselamatan”. Selain itu juga harus melakukan sejumlah pembayaran untuk gim yang ditentukan. Aturan tersebut diberlakukan sejak Januari 2021 lalu dan memiliki efek di gelaran liga.

Setidaknya ada dua pemain yang terkena dampak dari aturan itu. Mereka adalah Kyrie Irving (Brooklyn Nets) dan Matisse Thybulle (Philadelphia 76ers). Keduanya tidak bisa berpartisipasi dalam pertandingan tandang melawan Raptors pada musim lalu.

NBA memang tidak mewajibkan aturan vaksin Covid-19. Mereka hanya menyarankan pemain, pelatih, dan staf untuk melakukan vaksinasi. Tetapi setiap negara bagian memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait vaksin Covid-19.

Seperti pemerintah negara bagian New York yang mewajibkan aturan vaksin bagi siapapun yang beraktivitas di dalam ruangan. Hal ini membuat Irving melewatkan sejumlah laga tandang di Barclays Center. Hingga akhirnya pemerintah negara bagian New York mencabut mandat tersebut pada Februari lalu.

Hal serupa juga terjadi kepada Thybulle. Dia melewatkan ketiga pertandingan playoff putaran pertama melawan Raptors. Thybulle sendiri sudah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama. Tetapi dia tidak melakukan suntikan untuk dosis kedua dan dianggap tidak mendapat vaksin penuh.

Pada akhir musim reguler NBA 2021-2022 lalu Sixers dan Boston Celtics menolak berkomentar soal apakah timnya sudah divaksin penuh untuk bermain di Toronto. Sementara Milwaukee Bucks dan Miami Heat melaporkan bahwa timnya sudah divaksin lengkap. Pada NBA 2022-2023 mendatan Raptors setidaknya akan memainkan 44 gim di Kanada. (rag)

Foto: Scotiabank Arena

Komentar