IBL

James Harden membuktikan keseriusannya kepada Philadelphia 76ers. Dilansir The Athletic, Harden rela mendapatkan gaji AS$15 juta lebih sedikit dari yang bisa ia dapatkan musim ini. Harden menyepakati kontrak baru selama dua tahun dengan opsi pemain di tahun kedua. 

Seperti diketahui, Harden sebelumnya melepas opsi pemain miliknya senilai AS$47 juta. Bersamaan dengan keputusan itu, media mendapati bahwa Harden 100 persen akan kembali dengan Sixers melalui kontrak baru. Namun, menerima potongan AS$15 juta gaji tampaknya tak diprediksi banyak pihak.

Dengan pemotongan gaji ini, Sixers akan mendapatkan ruang gerak lebih leluasa untuk mencari kepingan-kepingan pemain yang mereka butuhkan. Sejauh ini, kerangka tim tampak sudah terbentuk dan akan berpusat pada Harden, Joel Embiid, dan Tyrese Maxey. Nama-nama selain ini berpeluang jadi bagian dari pertukaran pemain yang mungkin dilakukan Sixers sebelum musim dimulai. 

Di lain sisi, legawanya seorang Harden juga menunjukkan bahwa ia sangat ingin bersaing meraih gelar juara. Di Wilayah Timur sendiri, persaingan tampak akan berputar kepada Sixers, Miami Heat, dan Boston Celtics. Kedua tim terakhir bisa dibilang cukup berhasil di bursa pemain bebas ataupun NBA Draft. 

Sejauh ini, Sixers belun dikaitkan dengan pemain veteran manapun. Namun, masih ada laporan yang menyebutkan Sixers sangat mungkin memantau situasi Kevin Durant dan menyertakan Tobias Harris dalam paket pertukaran. 

Musim lalu, Sixers finis di peringkat empat klasemen akhir Wilayah Timur. Mereka lantas mengalahkan Raptors di ronde pertama playoff dalam enam gim. Sayangnya, Heat tampil sangat solid di semifinal Wilayah Timur dan Sixers menyerah juga dalam enam gim. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar