IBL

Talenta-talenta muda Asia semakin menjamah Amerika Serikat. Setelah deretan pemain Asia Timur mencoba peruntungan di NCAA atau bahkan NBA G League, kini area Asia Barat (Timur Tengah) juga turut mengirimkan talenta terbaru mereka. 

Adalah Youssef Khayat, pemain muda Lebanon, yang memastikan dirinya akan melanjutkan karier di NCAA. Melalui pengumuman resmi di akun media sosialnya, Khayat akan bergabung ke University of Michigan. 

Pemain kelahiran 11 Maret 2003 ini sebenarnya sudah menghabiskan empat musim terakhir bermain di Prancis. Ia membela tim junior klub profesional Prancis bernama Limoges CSP Elite. Bergabung sejak usia 15 tahun, Khayat bermain untuk kelompok umur 18 dan terakhir 21 tahun. 

Bersama Limoges U-21, ia tampil 32 kali di musim 2021—2022 dan mencetak rataan 16,8 poin, 7,6 rebound, plus 1,8 asis per gim. Berperan sebagai forwarda, Khayat juga cukup lumayan dari tripoin dengan rataan 35 persen dari 5 percobaan per gim. 

"Di antara semua kampus, saya memilih Michigan karena programnya yang baik dalam mengembangkan pemain sayap (forwarda) seperti saya," terang Khayat dilansir On3.com.

"Michigan juga dilatih oleh Juwan Howard, salah satu pelatih terbaik yang saya juga kagumi. Seluruh staf pelatih juga sudah membuat saya merasa seperti di rumah. Michigan sendiri adalah salah satu kota dengan komunitas Lebanon terbesar di Amerika Serikat, ini juga jadi pertimbangan besar untuk saya," pungkasnya. 

Sebelum memilih Michigan, Khayat sempat mengumumkan bahwa ia punya empat opsi kampus untuknya. Selain Michigan, tiga kampus lainnya adalah Wake Forest, DePaul, dan Xavier. Semuanya ia umumkan di media sosial pribadinya. 

Tak hanya sudah malang-melintang di basket profesional Prancis, Khayat juga sudah melakoni debutnya di tim nasional senior. Menariknya, debut Khayat tersaji dalam laga melawan Indonesia dengan tajuk FIBA World Cup 2023 Asian Qualifier. 

Kala itu, bermain di Lebanon, Khayat tampil 14 menit dan mencetak 12 poin dan 3 rebound di kemenangan 96-38 atas Indonesia. Tiga hari berselang, kembali melawan Indonesia, Khayat hanya tampil 10 menit dan mencetak 3 poin dari 1/3 tembakan. 

Dalam kutipan wawancaranya bersama FIBA pada November 2021, Khayat menyebut betapa besarnya perubahan yang terjadi kepada permainannya begitu ia pindah ke Prancis. 

"Di sini, semua sistem sangat berbeda dengan Lebanon. Keseluruhan gim bahkan bisa dibilang sangat berbeda. Mungkin ada beberapa kemiripan, namun secara keseluruhan sangat berbeda," terangnya. 

"Agresivitas permainan jauh berbeda. Di sini, mereka juga membagi bola (mengumpan) lebih banyak. Semuanya adalah pengalaman baru bagi saya. Cerita menarik, saya datang ke Prancis dengan berat badan 74 kilogram. Setahun di sana, saya naik 11 kilogram!. Banyak teman dan keluarga saya di Lebanon kaget tapi senang melihat perkembangan saya," tutupnya. 

Khayat adalah kepingan terakhir Michigan untuk menyambut musim baru NCAA. Bergabungnya Khayat membuat slot 13 pemain beasiswa penuh Michigan telah terpenuhi. (DRMK)

Foto: FIBA

 

Komentar