IBL

Sejarah tercipta di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Vietnam. Untuk pertama kalinya dalam sejarah SEA Games, Indonesia berhasil naik podium tertinggi. Tim nasional (timnas) basket putra berhasil merebut emas SEA Games 2022.

Abraham Damar Grahita dkk sukses memutus dominasi Filipina di multi event dua tahunan di Asia Tenggara ini. Filipina memang selalu menyabet emas sejak edisi 1991, setelah kalah dari Malaysia pada SEA Games 1989 silam.

Sementara raihan terbaik Indonesia adalah empat kali perak dalam kurun 21 tahun terakhir. Setelah meraih dua perak beruntun pada SEA Games 2015 dan 2017, Indonesia gagal medali di SEA Games 2019.

Kini peningkatan besar terjadi. Pada laga terakhir di Thanh Tri Gymnasium, Minggu, 22 Mei, itu Indonesia berhasil mengalahkan Filipina 85-81. Hasil itu membuat Tim Merah Putih tidak terkalahkan sepanjang SEA Games 2022 ini. Indonesia menyapu bersih enam gim.

Baca Juga: Kalahkan Singapura, Tim Putri Indonesia Bawa Pulang Medali Perak

Indonesia juga nyaris unggul sepanjang gim. Meski margin poin tidak terlalu jauh, tetapi Indonesia konsisten berada di atas Filipina. Tim asuhan Milos Pejic itu sempat memimpin dengan margin terbanyak delapan poin di paruh kedua.

Filipina sempat unggul pada tiga menit pada akhir kuarter ketiga. Kemudian tripoin Juan Laurent Kokodiputra berhasil menyamakan kedudukan menjadi 60-60. Ini menjadi momen terakhir Filipina memimpin poin.

Akurasi Indonesia pun lebih baik dan efektif dengan 26/55 dan akurasi 47 persen. Sementara Filipina meraih 43 persen dari 62 tembakan. Indonesia juga unggul dalam tripoin dalam 13/31. Jauh dibanding Filipina yang hanya melepas 18 tripoin dan hanya tiga yang masuk.

Marques Bolden mencetak dobel-dobel dengan 18 poin dan 10 rebound. Ditambah tiga asis dan dua blok. Abraham Damar Grahita memberikan 17 poin dan memasukkan 9/10 tembakan bebas.

Derrick Michael Xzavierro menambah 14 poin, tujuh rebound, dan dua blok. Sementara Brandon Jawato dan Agassi Goantara sama-sama mencetak 11 poin.

Pada pertandingan terakhir ini, hanya Dame Diagne dan Hardianus Lakudu yang tidak dimainkan. Serta hampir semua pemain yang turun mencetak poin.

Raihan medali Indonesia lengkap di SEA Games 2022 ini. Sebelumnya Timnas Putri Indonesia meraih perak. Untuk Timnas 3x3 putri juga membawa pulang perunggu. Sedangkan Timnas 3x3 putra tanpa medali. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar