IBL

Skuat putra tim nasional (timnas) Indonesia di SEA Games 2022 resmi diumumkan. Melalui akun media sosial resmi timnas, 12 pemain yang akan berlaga di Hanoi, Vietnam, muncul dengan 6 wajah baru dibandingkan dengan SEA Games 2019 Filipina.

Dame Diagne yang merupakan program naturalisasi usia dini timnas masuk ke dalam skuat. Ini akan jadi turnamen perdana Dame dengan timnas senior. Selama dua musim terakhir, Dame hanya tampil dengan Indonesia Patriots muda. 

Meski sudah muncul di basket Indonesia sejak 2015, SEA Games kali ini akan jadi SEA Games perdana Brandon Jawato. Brandon sebenarnya berpeluang tampil di gelaran pada 2019. Sayangnya, proses peresmian paspor memakan waktu lebih lama.

Tiga pemain asli Indonesia akan melakoni SEA Games perdana mereka yakni Yudha Saputera, Agassi Goantara, dan Derrick Michael Xzavierro. Usia ketiganya yang masih muda jadi alasan utama mengapa ketiganya baru kali ini bermain di SEA Games. 

Terakhir, pemain naturalisasi anyar Indonesia, Marques Bolden, juga akan memulai penampilannya di SEA Games. Bahkan, ini akan jadi ajang debut Marques bersama Indonesia. Marques sendiri sudah berlatih dengan timnas sejak awal April lalu. Ini akan jadi salah satu ajang pemanasan pemain 24 tahun ini untuk turun di FIBA Asia Cup Juli nanti. 

Timnas akan melakoni laga pertama pada tanggal 16 Mei (16/5) melawan Malaysia. Kemudian berturut-turut melawan Thailand (18/5), Kamboja (19/5), Singapura (20/5), Vietnam (21/5), dan Filipina (22/5).

Berikut daftar lengkap skuad timnas di Vietnam. 

1. Dame Diagne

2. Brandon Jawato

3. Marques Bolden

4. Derrick Michael

5. Abraham Damar Grahita

6. Aggasi Goantara

7. Juan Laurent Kokodiputra

8. Arki Dikania Wisnu

9. Vincent Rivaldi Kosasih

10. Yudha Saputera

11. Andakara Prastawa

12. Hardianus

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar