IBL

Tim nasional (timnas) basket putri Indonesia akhirnya meraih kemenangan pertama di SEA Games 2022. Mereka sukses mengalahkan Vietnam 93-80 pada Rabu, 18 Mei di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi.

Tim asuhan Lin Chi Wen itu tampil lebih solid. Sempat tertinggal di kuarter pertama, Indonesia bisa merebut keunggulan di kuarter kedua.

Tembakan bebas Kimberley Pierre-Louis menyamakan kedudukan menjadi 19-19. Setelah itu Indonesia perlahan melaju dan tidak bisa dikejar oleh tuan rumah. Indonesia bahkan sempat memimpin dengan margin 30 poin.

Dalam gim tersebut, Indonesia meraih 23 angka dari second chance poin. Mereka mendominasi paint area dengan 60 poin. Sayangnya dengan 24 turnover membuat keuntungan bagi Vietnam.  Mereka mampu mengubah 24 angka diantaranya menjadi poin.

Ada tiga pemain Indonesia yang mencetak dia digit poin. Kimberley menjadi tumpuan Indonesia dengan aksi luar biasa. Dia meraih 36 poin dan 26 rebound. Ditambah tiga asis dan dua blok.

Yuni Anggraeni menambah 15 poin, tujuh rebound, dan tiga asis. Dari bangku cadangan Clarita Antonio memberikan 11 poin.

Disisi lain Vietnam melepas 68 tembakan dengan akurasi 39 persen. Meski lebih dominan di kuarter pertama, Vietnam hanya bisa unggul lima poin saja dari Indonesia.

Thao Vy Truong mencetak dobel-dobel dengan 26 poin dan 10 rebound. Duy Nguyen Thi Tieu menambah 15 poin. Kemudian Tien Nguyen Thi Thuy menyumbang 11 poin.

Besok Indonesia akan menjalani laga ketiga di SEA Games 2022. Mereka akan melawan Malaysia. Sebelumnya Indonesia harus mengakui keunggulan Filipina 77-93 pada Senin, 16 Mei lalu. (rag)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar