IBL

Timnas Indonesia harus bersusah payah mengamankan laga perdana SEA Games 2022. Melalui babak perpanjangan waktu, Indonesia akhirnya bisa mengalahkan Malaysia 95-92 di Thanh Tri Gymnasium pada Senin 16 Mei 2022.

Gim berlangsung ketat pada kuarter pertama. Indonesia tidak bisa unggul dengan nyaman. Tim asuhan Milos Pejic itu baru menemukan ritmenya pada paruh kedua. Mereka sempat memimpin dengan dengan margin 22 poin.

Sayangnya hal itu tidak bisa membuat Indonesia melaju dengan mudah hingga akhir pertandingan. Malaysia justru mendapat momentum yang baik di kuarter keempat. Kurang dari satu menit menjelang waktu berakhir, Malaysia malah bisa menyamakan kedudukan menjadi 84-84.

Gim berlanjut hingga babak perpanjangan waktu. Indonesia akhirnya menyudahi perlawanan Malaysia dengan keunggulan tiga poin saja.

Indonesia mendapat kesempatan yang baik melalui tembakan bebas. Mereka berhasil memasukkan 21 kali dari 29 kesempatan. Melengkapi akurasi keseluruhan yang mencapai 41 persen dari 78 kali tembakan.

Sebanyak tiga pemain Indonesia mencetak lebih dari 20 poin. Brandon Jawato memimpin Indonesia dengan 27 poin, delapan rebound, dan empat asis.

Abraham Damar Grahita memperoleh 22 poin, enam rebound, dan tiga steal. Derrick Michael Xzavierrro mencetak dobel-dobel dengan 24 poin dan 18 rebound. Derrick juga menambah dengan lima blok.

Ting Chung Hong menjadi top skor dengan 34 poin dan sembilan rebound untuk Malaysia. Disusul Chang Zi Fueng dengan 17 poin dan Wong Yi Hou dengan 15 poin. Wee Yong Gan memberi kontribusi 12 poin.

Indonesia akan menjalani pertandingan kedua pada Rabu 18 Mei mendatang. Mereka akan melawan Thailand. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar