IBL

NBA kembali mengumumkan peraih gelwr individu, Senin 9 Mei 2022, waktu setempat. Kali ini, Kepala Pelatih Phoenix Suns, Monty Williams mendapatkan gelar pelatih terbaik atau Coach of the Year musim 2021—2022. Ia berhak mendapatkan Red Auerbach Trophy.

Ini adalah gelar Coach of the Year pertama Monty sepanjang kariernya. Monty juga jadi pelatih ketiga dalam sejarah Suns yang mendapatkan gelar ini setelah Cotton Fitzsimmons dan Mike D'Antoni. 

Monty mendapatkan 81 dari 100 suara peringkat pertama. Ia total mengumpulkan 458 poin. Monty unggul jauh dari Taylor Jenkins (Grizzlies) di peringkat dua yang mendapatkan total 270 poin dan 17 suara peringkat pertama.Dua suara peringkat pertama lainnya didapatkan oleh Erik Spoelstra (Heat) dan Ime Udoka (Celtics). 

Monty membawa Suns memuncaki klasemen akhir musim reguler NBA dengan rekor (64-18). Ini juga jadi rekor kemenangan terbanyak organisasi Suns dalam satu musim. Musim ini Monty juga untuk kali pertama sepanjang kariernya mendapatkan kesempatan memimpin tim All Star. 

Di musim ketiganya bersama Suns, Monty semakin membaik. Gagal lolos ke playoff di musim pertamanya tapi tampil solid di NBA "gelembung", musim lalu Suns finis di peringkat dua dengan rekor 51-21. Musim ini Suns jadi tim terbaik di NBA dan sempat tak terkalahkan dalam 18 gim beruntun. 

Musim lalu, Monty finis di peringkat dua untuk gelar yang sama. Ia kalah dari Tom Thibodeau yang memimpin New York Knicks lolos ke playoff. Musim lalu pula, Monty membawa Suns untuk lolos ke final sejak 1993 bersama Charles Barkley.

Monty kini sedang berjuang untuk meraih gelar juara NBA. Suns sedang dalam duel semifinal Wilayah Barat melawan Dallas Mavericks. Situasi skor kedua tim masih imbang 2-2. Gim 5 akan digelar esok hari. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar