IBL

Nikola Jokic bersiap mencetak sejarah baru (lagi). Dia mengaku antusias jika mendapat pembaruan kontrak dari Denver Nuggets pada musim panas nanti. MVP 2021 itu dikabarkan akan mendapat kontrak yang fantastis.

Menurut laporan Bobby Marks dari ESPN, pemain asal Serbia itu akan mendapatkan AS$254 juta dalam kurun waktu lima tahun. Jumlah tersebut setara dengan Rp3,6 triliun.

Jika melihat performa dan capaian Jokic, jumlah tersebut memang masuk akal. Mantan pemain KK Mega Basket itu telah mengukir sejarah sebagai pemain pertama NBA yang mencetak 2 ribu poin, seribu rebound, dan 500 asis dalam satu musim.

Capaian itu masih bisa bertambah lagi. Jokic merupakan kandidat kuat Most Valuable Player (MVP). Dia terpilih sebagai finalis dan bersaing dengan Giannis Antetokounmpo dan Joel Embiid.

Menurut data dari ESPN Stats and Information, Jokic juga menjadi pemain pertama yang memiliki rata-rata 25 poin, 13 rebound, dan tujuh asis dalam satu musim. Dia juga menjadi yang pertama memimpin timnya dalam perolehan poin, rebound, asis, steal, blok, dan persentase field goal dalam satu musim, sejak steal dan blok resmi pada 1973-1974.

Ketika ditanya mengenai perpanjangan kontrak itu, Jokic mengatakan dia akan sangat menyukainya. “Tapi itu bukan sesuatu yang saya putuskan. Saya pikir jika tawaran itu ada di meja, tentu saja saya akan melakukannya (perpanjangan),” ujar pemain berusia 27 tahun itu.

“Saya sangat menyukai orang-orang di klub ini dan saya suka bermain bersama mereka. Saya mempunyai hubungan yang baik dengans emua orang mulai dari pemilik hingga manajer perlengkapan," imbuhnya.

Kontrak Jokic sebenarnya akan berakhir pada musim depan. Tetapi dia sangat memenuhi syarat untuk bisa memperbarui kontrak dengan tarif tinggi.

Langkah Nuggets di babak playoff memang sudah terhenti. Mereka tersingkir dari Golden State Warriors dengan kekalahan 4-1. Pada gim kelima lalu, Nuggets takluk 98-102. pada pertandingan tersebut, Jokic mencetak 30 poin, 19 rebound, dan delapan assist. (rag)

Foto: Sporting News

Komentar