IBL

Scottie Barnes adalah ruki terbaik tahun ini (Rookie of the Year). Kepastian ini diumumkan oleh NBA melalui rilis resmi mereka Sabtu, 23 April 2022, waktu setempat. 

Scottie mendapatkan total 48 suara di peringkat satu ROTY dan total 378 poin. Ia mengalahkan Evan Mobley (Cavaliers) yang mendapatkan 43 suara peringkat satu dan total 363 poin. Peringkat ketiga jadi milik Cade Cunningham (Pistons). Selisih 15 poin antara Scottie dan Evan adalah yang terendah sejak 19 tahun lalu, saat format ini diberlakukan pertama kali.

Scottie adalah pemain Raptors ketiga yang mendapatkan gelar ruki terbaik. Sebelumnya, ada nama Damon Stoudemire pada 1996 dan Vince Carter yang menyusul tiga tahun kemudian. 

Dalam 74 gim musim reguler yang ia mainkan, Scottie memiliki rataan 15,3 poin, 7,5 rebound, dan 3,5 asis per gim. Ia adalah ruki keempat di milenium baru ini yang bisa memiliki rataan 15+ poin, 7+ rebound, dan 3+ asis. Tiga ruki sebelumnya adalah Blake Griffin, Ben Simmons, dan Luka Doncic. 

Sepanjang 74 gim itu pula, Scottie selalu tampil sebagai starter. Ia pun menorehkan rekor organisasi sebagai ruki pertama yang mampu membukukan total 1.000 poin, 500 rebound, dan 250 asis. Scottie juga mengoleksi total 195 offensive rebound, terbanyak pula dalam sejarah ruki Raptors. 

Sebelum mendapatkan gelar ROTY, pemain 20 tahun ini mengoleksi dua gelar ruki terbaik bulanan. Jumlah itu hanya kalah dari Josh Giddey. Sayangnya, Giddey gagal menutup musim sampai akhir karena mengalami cedera. 

Scottie adalah pilihan keempat NBA Draft 2021. Ia menghabiskan masa kuliah di bawah almamater Florida State University selama satu musim. Di sana, ia juga mendapatkan gelar ACC Freshman of the Year dan Sixth Man of the Year. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar