IBL

Finalis pemain terbaik NBA 2021-2022 telah diumumkan pada Minggu (17/8) lalu. Dari enam kategori penghargaan itu, tidak ada nama center Miami Heat, Bam Adebayo dalam kategori pemain bertahan terbaik atau defensive player of the year (DPOY).

Adebayo kalah bersaing dengan Marcus Smart (Boston Celtics), Mikal Bridges (Phoenix Suns), dan Rudy Gobert (Utah Jazz). Dari hasil voting, Adebayo menempati peringkat keempat dan tidak masuk sebagai finalis. Akhirnya Smart terpilih sebagai DPOY dengan raihan total 257 poin.

Debayo, yang menjadi masuk NBA All-Star 2020 itu mengatakan pemilihan itu tidak sopan. “Saya merasa bisa melakukan apa saja dari dua orang lainnya. Ini bukan soal tinggi badan. Tapi mereka bertiga lebih sering masuk televisi daripada saya,” keluhnya seperti dalam laporan Dave McMenamin dari ESPN.

“Jadi, saya berharap itu. Mereka mendapatkan lebih banyak gim di televisi dan mereka mendapat lebih banyak pemberitaan. Orang-orang lebih suka membicarakannya. Tidak ada yang mau membicarakan kami. Terserah pada saat itu,” lanjut alumnus University of Kentucky itu.

Pernyataan Adebayo itu merujuk pada jumlah siaran nasional yang didapat tim mereka. Musim ini Suns memiliki 34 pertandingan, Celtics mempunyai 32 pertandingan, Jazz dengan 26 pertandingan, sedangkan Heat hanya 22 pertandingan.

Adebayo bermain dalam 56 gim. Smart bermain 71 gim, Bridges bermain 82 gim, dan Gobert bermain 66 gim. Heat percaya bahwa bahwa pemilihan itu tidak dipengaruhi kemampuan pemain secara keseluruhan. Tetapi dari banyaknya pemberitaan para pemain tersebut.

“Saya merasa ya seperti itulah mengapa banyak pemain mendapat penghargaan, menurut saya. Mereka selalu tampil di televisi untuk menunjukkan bakat mereka dan kebetulan saat itu mereka punya permainan yang bagus,” ujar Adebayo.

Adebayo sendiri hanya memiliki rata-rata 0,8 blok. Dia menahan lawan untuk menembak 42,8 persen, hampir lima poin lebih buruk dari persentase normal mereka.

“Saya menjaga tiga orang dalam satu penguasaan. Seorang penggemar menontonnya seperti ‘Oke, Bam mendapatkan bloknya’ dan tidak melihat sisanya. Seperti itulah pertahanan. Ini lebih dari siapa yang paling banyak melakukan steal dan block,” imbuhnya. (rag)

Foto : AP Photo/Matt Slocum via Bleacher Report

Komentar